Ini Alasan Foto Jasad Osama Bin Laden Dirahasiakan

Osama Bin Laden (foto: Elitereaders)

Pemimpin jaringan teroris Al Qaeda, Osama Bin Laden, tewas lima tahun lalu setelah Presiden Barack Obama mengumumkan bahwa tentara Amerika berhasil merobohkan Osama, pada 1 Mei 2011 lalu.

Al Qaeda dituduh sebagai dalang dari serangan 11 September 2001 yang merobohkan Menara Kembar World Trade Center dan menewaskan lebih dari 3.000 jiwa. Sejak saat itu Amerika semakin gencar memburu pemimpin Al Qaeda.

Namun ketika Obama mengumumkan bahwa Osama telah tewas, mungkin banyak orang yang bertanya-tanya kenapa foto mayatnya tidak pernah diekspos.

Sebuah buku karangan Matt Bissonnette berjudul "No Easy Day" ini menceritakan tentang kematian Osama Bin Laden. Matt sendiri kebetulan sedang bersama SEAL Team Six ketika malam pengepungan Al Qaeda di Abbottabed, Pakistan.

(foto: Elitereaders)

Berikut beberapa kutipan dalam buku tersebut, seperti dikutip Wow Menariknya dari Elitereaders:

"Saat menghadapi kematiannya, ia (Osama) masih bergerak dan kejang-kejang.

Anggota pasukan lain dan aku segera mengarahkan sinar laser ke dadanya dan menembaknya beberapa kali. Peluru merobek tubuhnya, membanting tubuhnya ke lantai sampai ia tak bisa bergerak lagi."

Dari kutipan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa Osama ditembak beberapa kali ketika ia sedang sekarat. Namun, apa yang dilakukan pasukan AS dianggap tidak benar karena menembak musuh beberapa kali ketika sedang sekarat.

Menembak musuh yang sedang meregang nyawa beberapa kali dianggap telah melanggar hukum meski hal itu dilakukan atas dasar marah dan dendam. Oleh karena itu, jasad Osama Bin Laden tidak pernah dilihatkan ke publik, berbeda dengan kasus Saddam Hussein.
X