Ilmuwan: Cumi-Cumi Seukuran Bus Bersembunyi Di Lautan Dalam

Cumi-cumi raksasa sepanjang 9 meter ditemukan terdampar di Cantabria, Spanyol, pada 1 Oktober 2013 (Foto: Enrique Talledo, via Live Science)

Lautan dalam menyimpan banyak misteri yang masih belum terkuak, termasuk makhluk-makhluk raksasa yang hidup di dalamnya. Bahkan, para ilmuwan yakin di lautan dalam hidup spesies cumi-cumi raksasa seukuran bus sekolah.

Para peneliti mengatakan, cumi-cumi dari jenis Cephalopoda dapat tumbuh lebih besar dari sebuah bus sekolah. Hal itu dibuktikan dengan penemuan cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) yang terdampar di darat pada tahun 1639 silam.

Namun banyak ilmuwan yang tidak mempercayai legenda cumi-cumi raksasa dan menganggap mereka hanya mitos belaka. Tapi kebenaran tentang cumi-cumi raksasa kembali lagi menguat setelah seekor cumi-cumi raksasa berhasil difoto hidup-hidup pada tahun 2004 silam.

Dua orang pria sedang memeriksa cumi-cumi raksasa sepanjang 9,2 meter di Norwegia, pada tahun 1954 (Foto: Wikimedia)

Sejak cumi-cumi raksasa ditemukan, ada spekulasi bahwa mereka bisa tumbuh jadi sangat besar. Dari analisis sebelumnya, lebih dari 130 spesimen cumi-cumi, para ilmuwan mengatakan bahwa tidak ada yang melebihi panjang sampai 13 meter.

Akan tetapi penelitian sebelumnya memperkirakan bahwa ratusan ribu cumi-cumi raksasa hidup di lautan dalam yang memberi kesempatan bagi mereka untuk tumbuh lebih besar lagi, ujar Charles Paxton, seorang ahli ekologi perikanan dan statistik di University of St Andrews di Skotlandia.

Cumi-cumi raksasa ditemukan di perairan Jepang pada Desember 2015 lalu (Foto: news.discovery.com)

Menurut analisis statistik Paxton, kemungkinan besar cumi-cumi raksasa dapat tumbuh sampai 20 meter. Data ini diambil dari berbagai macam spesies cumi-cumi yang pernah ditemukan.

Jadi, apakah cumi-cumi raksasa seperti kraken benar-benar ada? Kita tidak tahu, itu hanya misteri laut dan hanya Tuhan yang tahu.

Sumber: Live Science
X