Heboh, Bayi India Ini Terlahir Seperti Putri Duyung

Bayi mirip putri duyung (foto: Daily Mail)

Seorang dokter di India dibuat bingung ketika bayi yang ditolongnya terlahir dengan kondisi langka yang dikenal sebagai 'sindrom putri duyung'. Disebut putri duyung lantaran kaki bayi tersebut menyatu seperti makhluk mitos setengah manusia setengah ikan itu.

Ibunya, yang berasal dari Saharanpur, di Uttar Pradesh, India utara, melahirkan anaknya pada hari Jumat kemarin. Sayangnya, bayi itu hanya mampu bertahan hidup selama 10 menit saja setelah dilahirkan.

"Saya belum pernah melihat kasus seperti ini sebelumnya," ujar Dr Vandana Arya (35), seorang ginekolog di rumah sakit tempat bayi itu dilahirkan, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (4/5/2016).

"Kami memang sering melihat kelainan bawaan di kalangan anak-anak yang baru lahir dengan cacat fisik, tapi ini adalah kasus yang sangat jarang terjadi," tambahnya.

Sejarawan medis Lindsey Fitzharris, yang memiliki gelar PhD dari Universitas Oxford, sebelumnya mengatakan kepada Daily Mail bahwa kondisi yang terjadi adalah berawal dari kegagalan pasokan vaskular normal, ketika tali pusarnya membentuk tidak sempurna.

"Akibatnya tidak ada pasokan darah yang cukup mencapai janin", ujarnya.

Bahkan ia lahir dengan cacat internal yang serius, termasuk ginjal kiri dan ginjal kanannya sangat kecil yang terletak dalam tubuhnya, sehingga ia hidupnya tidak bisa bertahan lama.
X