Hati-Hati Jika Berenang Di Sungai, Ada Amoeba Pemakan Otak!

Ilustrasi berenang di sungai (foto: Shutterstock)

Ada alasan Anda harus waspada ketika akan beraktivitas di alam liar. Pasalnya, banyak makhluk kecil mematikan yang bisa dengan mudah masuk ke tubuh Anda dan kemudian menggerogoti organ internal tubuh Anda.

Salah satunya amoeba pemakan otak ini yang biasa hidup di air tawar hangat seperti sungai dan danau. Mengerikannya biasanya masuk ke dalam tubuh melalui hidung kemudian mencari jalan untuk sampai ke otak. Kemudian amoeba ini akan menyebabkan primary amoebic meningoencephalitis (PAM), salah satu  bentuk meningitis atau radang selaput pelingdung syaraf.

Wajah seram amoeba pemakan otak (foto: National Geographic)

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit (CDC), seperti dilansir National Geographic, korban biasanya meninggal setelah bertahan selama lima hari setelah terjangkit amoeba bernama Naegleria fowleri ini.

Sejak tahun 1962, dari ratusan orang yang pernah terinfeksi bakter parasit ini, hanya ada satu orang yang pernah selamat, yaitu seorang gadis berusia 12 tahun bernama Kali Hardig, dari Arkansas, Amerika Serikat, yang pernah terinfeksi amoeba ini pada tahun 2013 lalu.

(foto: Wikipedia)

Naegleria fowleri masuk ke dalam tubuh seseorang tanpa disadari. Korban biasanya mulai sadar satu hari setelah terinfeksi. Hari berikutnya korban akan mulai merasakan sakit yang begitu hebat di bagian kepala.

Kelsey McClain sedang bermain water sport (foto: Elitereaders)

Hal itulah yang dialami seorang wanita bernama Kelsey McClain ini yang beberapa waktu lalu meninggal beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-24. Dia meninggal karena amoeba pemakan otak itu setelah berenang di Sungai Colorado.

Setelah mengetahui ini, Anda masih berani berenang di sungai?
X