Digigit Nyamuk, Kaki Pira Ini Jadi Seperti Gajah

Penyakit kaki gajah (foto: Metro.co.uk)

Penyakit kaki gajah atau juga disebut Elephantiasis memang sudah tak asing lagi. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa parasit yang menyebabkan kondisi seperti itu.

Orang yang menderita penyakit kaki gajah akan mengalami pembengkakan pada bagian tungkai sehingga nyaris mirip dengan kaki seekor gajah. Sayangnya, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut,

Namun, sebuah klinik di Brazil telah mengembangkan pengobatan yang diharapkan bisa menyembuhkan penyakit kaki gajah. Dalam sebuah episode dari River Monsters yang ditayangkan di Animal Planet malam lalu, menampilkan seorang pria yang dipanggil Raimundo sedang dirawat karenya penyakit ini.

Dikutip Metro.co.uk, Sabtu (14/05/2016), pasien digigit oleh nyamuk dua dekade lalu dan kemudian terinfeksi limfatik filariasis, parasit yang menyebabkan penyakit kaki gajah.

Kaki bagian kirinya membengkak dan terlihat besar. Tapi kakinya mulai ada perbaikan setelah menjalani perawatan di klinik Cunica Godoy di Sao Jose Rio Petro, Sao Paulo, Brazil.

Selain pembengkakan pada kaki, parasit ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan kelenjar getah bening. Umumnya parasit ini ditemukan di Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Asia Selatan, dan Kepulauan Pasifik.
X