Buat Bayar Utang Indonesia, 5 Orang Terkaya Di Dunia Ini Bisa Bangkrut

Ilustrasi (foto: klikkabar.com)

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang begitu melimpah. Sayangnya sumber daya alam tersebut belum bisa digunakan secara maksimal sehingga belum mampu untuk menopang perekonomian negara.

Tentu saja hal itu memaksa pemerintah untuk menambah Utang Luar Negeri (ULN). Dilansir CNN, Bank Indonesia mencatat ULN Indonesia sampai bulan November 2015 mencapai angka $304,6 miliar atau sekitar Rp 4.061 triliun (kurs 13.200 per dolar AS).

Meskipun cukup besar, jajaran BI menilai pertumbuhan ULN pada bulan November 2015 masih dibilang sehat. Tapi itu tetap saja bisa berdampak pada perekonomian negara mengingat utang Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah.

Lalu, seperti apa sih gambaran utang Indonesia itu? Orang terkaya di dunia, Bill Gates, tidak akan mampu membayar seluruh utang Indonesia meski seluruh hartanya dikeluarkan. Tapi, jika seluruh harta lima orang terkaya di dunia ini dikumpulkan, baru utang Indonesia bisa lunas.

Berikut ilustrasinya:

Bill Gates masih menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia tahun 2016 menurut Majalah Forbes. Harta kekayaannya mencapai $75 miliar atau sekitar Rp 1.000 triliun.

Bill Gates (foto: hngn.com)

Orang terkaya kedua di dunia menurut Forbes adalah Amancio Ortega, pendiri grup mode Inditex, yang memiliki kekayaan mencapai $67 miliar atau sekitar Rp 893 triliun.

Amancio Ortega (foto: lopezdoriga.com)

Di posisi ketiga, ditempati oleh Warren Buffet, investor paling sukses di dunia dengan kekayaan yang mencapai $60,8 miliar atau sekitar Rp 810 triliun.

Warren Buffet (foto: luxurylaunches.com)

CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico, Carlos Slim Helu berada di posisi keempat sebagai orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan mencapai $50 miliar atau Rp 666 triliun.

Carlos Slim Helu (foto: nytimes.com)

Pendiri sekaligus CEO Amazon.com, Jeff Bezos menjadi orang terkaya kelima di dunia dengan harta kekayaan $45,2 miliar atau sekitar Rp 602 triliun.

Jeff Bezos (foto: amazon.com)

Jika seluruh harta lima orang terkaya di dunia itu dijumlahkan, maka kira-kira jumlahnya mencapai Rp 3.971 triliun. Jumlah tersebut sangat dekat dengan utang Indonesia yang mencapai Rp 4.061 triliun.
X