Bahaya Ngulet Sesaat Setelah Bangun Tidur


Kebanyakan yang dilakukan orang-orang, sesaat bangun tidur adalah ngulet. Ngulet merupakan aktivitas menggerakan anggota tubuh sehingga memberikan reaksi-reaksi peregangan otot-otot secara langsung. Namun bagaimana jika kita melakukan hal tersebut sesaat setelah bangun tidur?

Aktivitas tidur yang cukup panjang mengakibatkan otot-otot kita terasa tegang dan kaku. Dokter olahraga Ade Tobing mengatakan kepada CNN Indonesia, bahwa ngulet sesaat setelah kita bangun tidur atau pada saat kita membuka mata pertama kali akan menyebabkan cedera otot.

"Saat tidur lama, suhu tubuh akan menurun, begitu pula otot. Nah ketika mmebuka mata dan ngulet, itu dapat menyebabkan cedera otot," kata Ade.

Suhu tubuh saat tidur akan terjadi penurunan atau biasa disebut suhu basal, metabolisme tubuh akan melambat pada keadaan tersebut. Pada suhu basal, otot akan memiliki risiko terkena cedera yang cukup besar karena lemas. Sehingga ketika kita melakukan peregangan pada saat otot lemas bisa jadi merusak otot bahkan bisa juga terputus.

Ada baiknya jika ingin melakukan peregangan dengan berjalan menuju toilet setelah bangun tidur. Setelah suhu tubuh sudah kembali normal maka kita aman melakukan peregangan.
X