5 Sayur Dan Buah Ini Ternyata Mengandung Racun

Tomat (foto: edenproject.com)

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin hingga mineral yang diperlukan tubuh. Tentunya dalam porsi cukup alias tak dikonsumsi berlebihan. Bahkan, beberapa buah dan sayur kerap kali digunakan sebagai menu diet karena sifatnya yang mengenyangkan.

Ternyata, beberapa buah dan sayur juga mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh, meski racun ini tergolong rendah dan tidak begitu membahayakan tubuh selama kita benar dalam proses memasak dan mengonsumsinya.

Salah satu racun yang terdapat dalam buah da sayur adalah sianida. Sianida ternyata dapat diproduksi oleh jamur, bakteri, ganggang dan limbah. Jadi, apa saja buah dan sayur yang mengandung racun sianida tersebut?

5. Tomat

(foto : asiantraders)

Tomat yang biasanya menjadi pelengkap masakan juga ternyata mengandung racun. Tomat mengandung bahan kimia glycoalkaloid yang jika dikonsumsi akan menyebabkan gugup dan perut mulas.

Setelah tomat dimasak menjadi penyedap masakan, sebaiknya segera dibuang agar racun tak ikut meresap pada makanan.

4. Jamur

(foto : telegraph)

Jamur payung merupakan salah satu jamur yang sering dikonsumsi. Namun tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa jamur payung yang beracun. Ciri jamur payung beracun adalah penutupnya tak datar atau ada benjolan dan insangnya berwarna putih.

3. Buah Cherry 

(foto : telegraph)

Kandungan racun pada buah cherry terdapat pada biji dan daunnya. Oleh karena itu, pabrik pengolahan buah cherry akan segera membuang daun dan biji sebelum cherry diproses.

Biji buah cherry mengandung racun ganas yakni sianida hidrogen yang diproduksi setelah kita mengunyahnya. Jadi sebaiknya buang terlebih dahulu biji buah cherry sebelum mengonsumsinya.

2. Almond

(foto : authoritynutrition)

Almond memiliki rasa unik yang nikmat jika dicampur dengan berbagai makanan seperti coklat atau kue. Sebelum dikonsumsi, almond harus dipanaskan dalam suhu tertentu untuk menghilangkan racun dan bakteri.

Almond memiliki racun di dalamnya yang menghasilkan rasa pahit sebelum diproses. Penjualan almond tanpa diproses terlebih dahulu dinyatakan ilegal di beberapa negara karena almond tersebut mengandung sianida.

1. Kentang

(foto : dailymail)

Kentang biasa digunakan sebagai pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya. Kandungan racun pada kentang terdapat pada daging dan daunnya. Ciri kentang beracun adalah saat kita mengupasnya, maka akan terlihat garis berwarna hijau.

Kentang beracun memang jarang ditemukan, namun kentang beracun ini menjadi pembunuh di Amerika Serikat 50 tahun lalu saat masyarakatnya mengonsumsi kentang dan minum teh dari daun kentang.
X