5 Manfaat Tersembunyi Dari Ampas Kopi

(foto : manrepeller)

Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat dunia. Bahkan kini banyak varian kopi yang dibuat khusus untuk memanjakan lidah para penggemarnya.

Tak harus pergi ke kedai kopi, kopi instan pun bisa jadi pilihan saat ingin menikmati secangkir si hitam manis ini. Anda bisa dengan mudah membuat kopi sendiri di rumah.

Biasanya saat membuat kopi, ada ampas yang tertinggal di dasar gelas. Ternyata ampas tersebut memiliki manfaat tersembunyi yang tak banyak diketahui lho. Apa saja?

5. Mempercepat pertumbuhan serta menyuburkan rambut

Bukan hanya mempercepat pertumbuhan rambut, kopi juga dapat membuat rambut terlihat hitam berkilau alami serta membuatnya menjadi lebih halus.

Caranya, cukup membalurkan ampas kopi secara merata pada rambut, pijat perlahan kemudian bilas hingga bersih.

4. Meremajakan kulit

Ampas kopi bisa digunakan sebagai scrub wajah agar aura wajah terlihat lebih segar. Ampas kopi yang dijadikan scrub alami ini memiliki kandungan kafein yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah terlihat cerah berseri.

3. Menghilangkan selulit dan stretch mark

Selulit atau lipatan lemak pada kulit merupakan salah satu musuh terbesar yang sulit dihilangkan. Namun jangan khawatir, cobalah menjadikan ampas kopi sebagai lulur alami untuk menghilangkan masalah tersebut.

Caranya, cukup memijat bagian yang memiliki selulit dengan ampas kopi secara teratur, dan selulit kan berangsur-angsur menghilang. Lakukan cara yang sama juga untuk menghilangkan stretch mark pada bagian tubuh.

2. Menjadikan rambut lembut dan berkilau

Kandungan dalam ampas kopi dapat melapisi folikel rambut agar rambut menjadi lebih lembut dan tampak berkilau. Caranya, lapisi seluruh bagian rambut dengan ampas kopi, diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

1. Menghilangkan bau pesing dan bau amis

Ampas kopi menjadi alternatif terbaik untuk menghilangkan bau tak sedap. Ampas kopi mampu menghilangkan bau-bauan dengan cepat.

Caranya, gosoklah area yang berbau dengan menggunakan ampas kopi, kemudian siram atau bersihkan menggunkaan air bersih.
X