5 Makanan Yang Membuat Kamu Mudah Marah

(foto: technologyvista.in)

Beberapa orang memiliki masalah dalam hal mengontrol emosi. Emang ada yang bawaan sejak lahir tapi ada juga faktor lain yang menyebabkan seseorang mudah marah, salah satunya dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga mempengaruhi kadar emosi seseorang. Tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membuat seseorang mudah marah seperti makanan berlemak dan pedas.

Dilansir dari Thehealthsite.com, berikut beberapa makanan yang bisa membuat seseorang mudah marah jika mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

1. Makanan pedas

Jika stres sedang melanda, sebagian orang melampiaskannya dengan makan. Namun, jangan salah memilih makanan, karena mengonsumsi makanan yang pedas saat sedang stres metabolisme tubuh menjadi lambat.

Hal ini dapat menyebabkan melepaskan refluks asam, sehingga membuat Anda jadi mudah marah. Rasa pedas yang ditimbulkan juga dapat menghasilkan efek panas dalam tubuh dan membuat Anda rewel.

2. Makanan berlemak

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California menemukan bahwa lebih banyak lemak trans yang seseorang konsumsi membuat rasa marah mereka semakin jadi-jadian.

Hal ini dikarenakan lemak trans mengganggu metabolisme asam lemak omega 3 yang membuat tubuh seimbang. Kurangnya omega 3 dalam tubuh harus ditingkatkan dengan menghindari makan-makanan yang digoreng oleh banyak minyak.

3. Minuman berkafein

Minum terlalu banyak kopi atau teh sepanjang hari, terutama dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat Anda menjadi lebih mudah marah dan mudah tersinggung, Jadi minumlah secangkir kopi tiga jam sebelum waktu tidur Anda.

4. Makanan olahan

Semua kue, keripik dan pasta mungkin membuat Anda merasa baik untuk sesaat, tapi hal itu membuat tubuh menjadi bermasalah. Makanan olahan menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Sehingga mengakibatkan perubahan suasana hati dan mudah marah.

5. Alkohol

Alkohol merangsang pelepasan kortisol yang menumbuhkan stres dan kemarahan jika sudah mengkonsumsinya. Hal ini juga mempengaruhi sistem saraf dan dapat membuat pengonsumsinya sering gelisah dan agresif tanpa disadari. Oleh karena itu orang yang suka mabuk mudah sekali marah tanpa alasan yang jelas.
X