3 Gejala Awal Penyakit Jantung Yang Sering Diabaikan


Ilustrasi serangan jantung (foto : telegraph.co.uk)
Serangan jantung alias penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Penderita penyakit jantung semakin bertambah setiap harinya. Mengapa demikian?

Meningkatnya penderita penyakit jantung ternyata diakibatkan karena kurangnya pemahaman akan gejala awal penyakit jantung. Hal inilah yang membuat penderitanya sulit mendapat pertolongan.

Oleh karena itu kita jangan anggap sepele penyakit jantung karena sebenarnya gejalanya sudah bisa dikenali sejak dini, hanya saja sering diabaikan. Berikut dikutip Wow Menariknya dari Daily Mail, tiga gejala penyakit jantung yang sering diabaikan.

1. Mendengkur saat tidur

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa mendengkur saat tidur berarti orang tersebut kelelahan Namun jangan salah, mendengkur saat  tidur menunjukan kondisi tubuh yang kurang sehat dan berisiko terkena penyakit jantung.

Mendengkur menyebabkan sistem pernafasan tidak teratur. Bukan hanya itu, mendengkur juga dapat menyebabkan denyut jantung tak teratur yang memicu penyakit jantung.

2. Gusi bengkak

Sebuah penelitian bahwa gusi bengkak dapat menjadi gejala awal kanker. Namun penelitian kali ini menyebutkan bahwa masalah pada gusi juga berhubungan erat dengan risiko serangan jantung.

Gusi mungkin tidak begitu diperhatikan oleh semua orang, namun masalah pada gusi dan kebersihan mulut juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Bukan hanya itu, kebersihakn gusi yang buruk juga memicu hancurnya tulang rahang.

3. Nyeri pada bahu dan leher

Nyeri pada bagian ini memang dapat dipengaruhi berbagai hal. Nyeri pada bahu dan leher bisa jadi gejala awal penyakit jantung. Sayangnya masih banyak orang yang mengalami nyeri ini namun tak memeriksakan diri ke dokter.
X