Tidur Menghadap Ke Kiri Dapat Menyelamatkan Hidup Anda

Ilustrasi tidur menghadap kiri (foto: labroots.com)

Tidur adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Dengan tidur, tubuh akan memulihkan kembali tenaga yang sudah terkuras sehingga kondisi kesehatan tetap terjaga. Tapi tahukah Anda bahwa posisi tidur juga mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang?

Pada dasarnya ada empat posisi tidur yang kita kenal, yang pertama posisi tengkurap, terlentang, menghadap ke kanan, dan menghadap ke kiri. Lalu dari keempat posisi tidur tersebut, mana yang paling sehat?

Seperti dilansir Wittyfeed, Dokter Johan Douillard menyebutkan dalam penelitiannya bahwa tidur dengan posisi menghadap ke kiri dapat menyelamatkan hidup Anda. Kenapa?

(foto: Wittyfeed)

Ketika tidur dengan posisi menghadap kiri, sistem limpatik Anda yang terletak di atas jantung akan memungkinkan pengeringan alami yang membantu untuk menyaring racun, cairan getah bening, dan limbah melalui saluran toraks dan kelenjar getah bening.

Sementara tidur dengan menghadap ke kanan dapat mengganggu pencernaan Anda dalam cara yang buruk. Hal itu disebabkan lantaran sistem limfatik Anda bekerja secara lambat. Dengan demikian, sistem limfatik jadi tidak mampu menyaring racun dalam tubuh, yang bisa menimbulkan masalah serius di kemudian hari.

Salah satu organ utama dalam sistem limfatifk adalah limpa. Organ ini bertindak sebagai filter darah, dan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh serta membantu melancarkan proses pencernaan.
X