Ternyata, Terlalu Sering Selfie Bisa Merusak Mata Anda

(foto: Stylist)

Siapa sih di muka bumi ini yang tidak menyukai selfie? Baik kaum wanita maupun pria, selfie sepertinya sudah menjadi kegiatan rutin yang sering kita lihat di zaman medsos ini.

Baru-baru ini ada penelitian yang menyebutkan bahwa selfie bisa membahayakan kesehatan mata seeorang. Tim peneliti dari Royal Association of Optometrist meniliti 2.500 pengguna media sosial yang suka mengunggah foto selfie sampai lima kali dalam sehari.

Melansir laman Stylist (1/4), hasilnya menunjukkan bahwa kebiasaan selfie yang berlebihan akan membuat kondisi mata memburuk. Terutama kerusakan pada lensa akibat terlalu fokus ke tempat lain selain kamera.

"Kebiasaan menatap ke kejauhan melewati kamera sebenarnya memiliki efek fokus yang dapat merugikan pada kesehatan mata banyak orang," kata Sally Fee, profesor yang memimpin penelitian tersebut.

"Dengan sengaja tidak memfokuskan mata agar terlihat lebih menarik, dan biar terkesan merenung, kamu dapat memberikan tekanan besar pada lensa matamu," tambahnya.

(foto: Stylist)

Sejauh ini tim peneliti belum memberikan nama resmi untuk kondisi seperti ini. Namun untuk sementara, tim peneliti memberikan sebutan middle-distance-insta-eye.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa bukan hanya lensa kena dampaknya, tetapi juga retina akibat cahaya lingkungan yang redup serta kerusakan jaringan mata akibat mencari sudut terbaik dari selfie dengan mengambil foto berulang kali.
X