Ternyata, Indonesia Bisa Membuat Singapura Jatuh Miskin

(foto: vulcanpost.com)

Jika dibandingkan dari luas wilayah dan sumber daya alam, tentu Indonesia menang jauh dari Singapura, tapi jika dibandingkan dari perekonomian, tentu Indonesia kalah jauh dari Singapura.

Seperti yang kita tahu, Singapura adalah negara paling maju di Asia Tenggara. Meski Indonesia kalah jauh dari Singapura dari segi kekuatan ekonomi, tapi tahukah Anda bahwa Indonesia bisa membuat Singapura jatuh miskin?

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo sedang mewacanakan program pengampunan pajak atau tax amnesty. Program ini ditujukan untuk meningkatkan pendapatan negara melalui pajak yang dikarenakan banyak uang Indonesia disimpan di luar negeri.


Menurut seorang pakar ekonom, Aviliani, mengatakan kalau program tax amnesty akan membuat banyak negara khawatir karena dikhawatirkan uang Indonesia yang ada di negara itu akan kembali ke Indonesia.

Aviliani juga mengatakan kalau Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya. Tapi sayangnya, sebagian besar uang yang dibayarkan Wajib Pajak disimpan di luar negeri.

Aviliani (foto: bisnis.com)

Salah satunya di Singapura, di mana Aviliani menyebutkan bahwa ada Rp 3.000 triliun uang Indonesia di negara tersebut. Jika semua uang itu ditarik kembali ke Indonesia, maka perekonomian Singapura akan anjlok.

Namun Singapura tak tinggal diam begitu saja. Untuk mencegah hal itu terjadi, pemerintah Singapura menerapkan kebijakan penawaran kewarganegaraan Indonesia bagi mereka yang tinggal di Singapura.

Jika kebijakan Singapura tersebut sampai berjalan mulus, otomatis kebijakan tax amnesty akan gagal karena banyak orang Indonesia yang akan pindah ke Singapura.

Akan tetapi, jika warga Indonesia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, mereka akan tetap tinggal di Indonesia, sehingga kebijakan tax amnesty bisa berjalan lancar dan diharapkan bisa memperbaiki perekonomian negara.
X