Sering Menguap? Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit Mematikan Ini

Ilustrasi menguap (foto : berkeleywellness.com)
Menguap kerap kali dianggap sebagai pertanda seseorang tengah mengantuk dan ingin segera tidur. Padahal, menguap bisa jadi pertanda bahwa tubuh kita memerlukan sesuatu.

Setelah menguap, kebanyakan orang beristirahat atau tidur sejenak. Namun terkadang beberapa orang masih terus menguap meski sudah tidur. Jika demikian, sebaiknya Anda waspada, sebab hal itu bisa jadi gejala dari beberapa penyakit.

Salah satunya adalah penyakit liver. Jika kamu sering menguap padahal saat itu kamu benar-benar tak mengantuk, kemungkinan ada masalah pada liver. Karena salah satu ciri atau gejala dari penyakit liver adalah sering menguap.

Sebuah penelitian juga menemukan fakta baru bahwa seorang penderita Multiple Sclerosis (MS) akan menderita disfungsi thermoregualtory pula, yakni sulit mengontrol suhu tubuh sehingga mereka akan mudah menguap.


Penelitian lain membuktikan bahwa seseorang yang sering menguap juga menjadi ciri dari pasien yang mengalami peradangan pada batang otak mereka. Radang otak ini terjadi pada penderita stroke ringan.

Keseringan menguap juga dapat menjadi pertanda epilepsi. Gangguan kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal, sinyal inilah menjadi penyebab menguap yang berlebihan.

Selain penyakit-penyakit tersebut, menguap yang terlalu sering juga dapat disebabkan oleh gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut dapat membuat tubuh kurang istirahat dan terus merasa lelah.
X