Pria Yang 'Hamil' Selama 12 Tahun Akhirnya Dioperasi

Tumor seberat 15 kg (foto: AsiaOne)

Seorang pria asal Tiongkok berharap bisa hidup normal kembali setelah menjalani pengangkatan tumor besar dalam perutnya. Pria berusia 33 tahun asal provinsi Sichuan itu telah hidup dengan perut buncit seperti orang hamil selama satu dekade terakhir.

Menurut Apple Daily Taiwan, sebagaimana diaporkan kembali AsiaOne (26/4), pria itu mulai merasakan ketidaknyamanan di bagian perut bawahnya dan sering buang air kecil sejak tahun 2004 lalu.

Dia awalnya berpikir terjangkit kanker prostat, namun setelah melakukan pemeriksaan medis lebih lanjut, itu sebenarnya adalah tumor, di mana tumor tersebut semakin membesar seiring berjalannya waktu.

Kondisinya itu membuatnya tidak bisa bekerja dam melakukan aktivitas lainnya. Sehingga adik laki-laki dan saudara iparnya yang bekerja sebagai buruh pabrik bertanggung jawab untuk membiayai perawatan medis pria tersebut.

Tidak mampu membayar biaya operasi, pria itu terpaksa hidup dengan tumor di dalam tubuhnya selama 12 tahun. Baru-baru ini, tumornya semakin membesar dan bisa membahayakan keselamatan jiwanya.

Sina News melaporkan bahwa keluarga pria tersebut berhasil mengumpulkan uang sebesar 80.000 yuan (Rp 160 juta) pada tahun ini untuk melakukan operasi pengangkatan tumor di sebuah rumah sakit di Chengdu.

Pada tanggal 22 April lalu, pria itu menjalani operasi di mana dokter berhasil mengangkat tumor dari dalam perutnya yang memiliki berat sampai 15 kg.

Dr Dai yang melakukan operasi, mengatakan bahwa tumor besar telah menyebabkan perut, pankreas, dan usus pasien bergeser dari posisi normal mereka. Tekanan yang diberikan pada tubuhnya juga membuat darah sulit mengalir melalui pembuluh darah.

Dia menambahkan bahwa operasi tersebut berisiko tinggi bagi pasien karena pasien bisa meninggal akibat kehilangan banyak darah dan organ yang rusak. Untungnya, operasi ini sukses dilakukan dan pria itu untuk kedepannya bisa hidup normal kembali.
X