Ngerinya Parasit Pemakan Lidah Ikan Ini

Cymothoa exigua, parasit pemakan lidah ikan (foto: Elitereaders.com)

Parasit memang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, tapi ada alasan yang membuat mereka menjadi makhluk paling mengerikan di muka bumi ini.

Cymothoa exigua merupakan salah satu parasit paling mengerikan yang bertahan hidup dengan memakan lidah ikan. Mereka memiliki ukuran sebesar kutu dan bisa tumbuh lebih besar lagi, bahkan yang betina mampu tumbuh sampai satu inci, sedangkan yang jantan lebih kecil dari betina.

Satu-satunya yang membuat parasit ini begitu mengerikan adalah kemampuannya memakan lidah ikan dengan menghapus organ internal lidah ikan tersebut. Dalam kata lain, lidah ikan korban parasit ini akan hilang.

(foto: Elitereaders.com)

Dilansir elitereaders.com, parasit ini juga disebut protandric hermaphrodites, yang berarti mereka memulai kehidupan sebagai jantan, dan ketika tumbuh dewasa, mereka jadi betina.

Ketika mereka menemukan inangnya, parasit ini akan tinggal di dalam insang ikan dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan aksinya. Setelah mulai tumbuh dewasa, parasit ini akan meninggalkan insang dan secara perlahan menemukan jalan menuju lidah, lalu mulai berpesta.

(foto: elitereaders.com)

Parasit ini akan menghisap bagian organ lidah yang kaya akan darah sampai lidah si ikan jadi layu. Kejamnya lagi, si ikan tidak mati ketika parasit ini mengerogoti lidahnya, melainkan si ikan malah menerima kehadiran parasit ini dan menggunakannya sebagai lidah.

Cymothoa exigua juga berkembang biak selama berada dalam mulut ikan dan akan membentuk sebuah grup baru. Sementara itu, ikan yang jadi korban parasit ini akan kehilangan lidahnya untuk selamanya.

Nah, jika kamu makan ikan tapi lidahnya sudah tidak ada, bisa jadi ikan tersebut adalah korban parasit ini.

X