Kenapa Orang Sekarat Suka Mengeluarkan Suara Menakutkan?

Ilustrasi mayat (foto: kevinmd.com)

Anda pernah melihat orang yang sedang sekarat? Mungkin Anda mendengar suara menakutkan keluar dari orang yang sedang sekarat tersebut. Tahu tidak kenapa orang sekarat suka mengeluarkan suara menakutkan?

Dalam dunia medis, fenomena itu sering disebut death rattle atau derikan kematian. Ketika sekarat, seseorang akan kehilangan kemampuan untuk menelan cairan atau air liur yang akhinrya berkumpul di tenggerokan dan dada, sehingga sangat sulit untuk bernafas.

Saat udara akan keluar dari tubuh melalui mulut, udara tersebut akan terhalang oleh air liur yang menggumpal di tenggorokan sehingga tercipta suara menakutkan. Selain itu, death rattle bisa dikenali beberapa hari sebelum seseorang meninggal.

Gejala kematian sudah bisa dikenali apabila air liur sudah menumpuk di tenggorokan yang membuat pasien kesulitan untuk bicara dan menelan sesendok air.

Suara yang dikeluarkan pasien pun agak serak ketika gejala death rattle sudah terlihat. Tapi banyak orang yang menganggapnya sebagai suara orang yang tersedak, padahal sebenarnya bukan.

Dilansir dari blog Hospice and Nursing Homes, dalam situasi tersebut, kesadaran pasien sudah perlahan menghilang.
X