Kenapa Ikan Tidak Punya Leher?

(foto: naukas.com)

Pernahkah bertanya-tanya kenapa ikan tidak punya leher? Ya, ikan hanya memiliki insang dan sirip, tapi tidak memiliki leher karena itu bisa menghambat mereka ketika berenang di dalam air.

Seorang ahli mengatakan kepada Live Science, jika ikan memiliki leher maka bisa disebut bukan ikan, melainkan masuk dalam klasifikasi hewan lain. Tapi para ahli juga menyebutkan bahwa nenek moyang ikan dulunya memang memiliki leher.

Ikan tersebut yaitu Tiktaalik roseae, yang hidup sekitar 375 juta tahun lalu selama periode Devonian. Para ilmuan menjelaskan bahwa T. roseae memang bisa disebut ikan, tapi di sisi lain makhluk ini merupakan bagian dari tetrapod atau hewan berkaki empat.

T. roseae (foto: Live Science)

Ted Daeschler, kurator paleontologi di Akademi Ilmu Pengetahuan Alam di Daxel University, di Philadelphia, menjelaskan bahwa selain memiliki leher, ikan ini juga memiliki serangkaian tulang yang menghubungkan tengkorak dengan korset bahu yang menempel pada sirip.

"Korset bahu adalah unsur-unsur tulang, seperti klavikula dan skapula yang menopang bagian embel depan, entah itu sirip atau anggota badan lainnya," kata Daeschler kepada Live Science.

"(Pada ikan) mereka tidak terhubung secara erat, tapi itu adalah bagian padat dari tulang," tambahnya.

(foto: pixbay.com)

Namun dengan seiring berjalannya waktu, ikan mulai berevolusi dan lehernya mulai menghilang. Misalnya saja ikan lobus bersirip yang sudah dianggap punah tapi ditemukan kembali di Afrika Selatan pada tahun 1938.

Dilihat dari fosilnya, ikan lobus bersirip dari waktu ke waktu mulai kehilangan tulang yang menghubungkan bahu dengan tengkorak kepalanya.

(foto: fstoppers.com)

Tanpa leher, ikan harus menggerakan seluruh tubuhnya dengan kepala mereka sebagai patokannya. Sehingga, ketika ikan ingin melirik ke arah tertentu, maka tubuhnya juga akan ikut bergerak.

Daeschler juga menyebut bahwa ikan lumba-lumba dan paus dulunya pernah hidup di darat sebelum memutuskan kembali ke air. Setelah mereka jadi hewan laut, tulang leher lumba-lumba dan paus secara perlahan mulai menghilang.
X