Hati-Hati, Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Jadi Tanda Penyakit Ini

Ilustrasi (foto : beautybyearth.com)

Bibir yang sehat, indah dan menawan adalah dambaan semua orang. Karena itu banyak orang rela melakukan berbagai macam cara instan maupun tradisional untuk membuat bibir mereka terlihat indah.

Ternyata bibir bukan hanya dapat menunjukan keindahan, namun juga ada masyarakat yang percaya bahwa bibir dapat menggambarkan karakter seseorang. Disamping itu, bibir juga dapat menunjukan keadaan fisik dan menjadi indikator bagi penyakit tertentu.

Salah satunya bibir kering dan pecah-pecah yang bisa menjadi tanda sebuah penyakit. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini.

5. Bibir terasa panas dan sakit

Depresi dapat memicu area indera pada otak yang menyebabkan bagian tubuh sensitif seperti bibir akan sakit dan panas. 

4. Bibir bengkak

Bibir bengkak dapat diakibatkan karena alergi pada makanan tertentu. Namun juga, bibir bengkak dapat disebabkan oleh kerja limpa yang terhambat karena jaringan bibir sangat tipis, maka bibirlah yang pertama kali membengkak.

3. Bibir pecah-pecah

Anemia menjadi salah satu penyebab bibir pecah-pecah. Sebab anemia menghentikan pembentukan jaringan. Jika pecah-pecah terjadi pada sudut bibir, hal ini bisa disebabkan karena diabetes. Diabetes dapat menjadi penyebab munculnya jamur atau candida yang menyerang sudut bibir.

2. Bibir terkelupas

Alergi bisa menyebabkan bibir mengalami pembengkakan dan akhirnya mengelupas. Bila bibir terkelupas secara terus menerus, itu artinya tubuh sedang terserang alergi. Sebaiknya segeralah periksakan tes alergi ke dokter.

1. Bibir terluka

Bibir yang terluka menandakan sistem kekebalan tubuh menurun. Bibir yang terluka biasanya disebabkan oleh virus herpes. Bisa juga bibir terluka karena melakukan program diet yang salah.
X