Hati-Hati! 5 Makanan Ini Menyebabkan Daya Ingat Berkurang

(foto: Boldsky)

Perubahan gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat, memicu hilangannya daya ingat. Dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, daya ingatnya sudah mulai terganggu.

Salah satu penyebab daya ingat jadi berkurang yaitu dari makanan. Makanan yang kaya akan lemak jenuh dapat menyebabkan akumulasi lemak yang membuat daya ingat terganggu. Kehilangan memori tentu sangat meghambat pada jalannya aktivitas sehari-hari dan bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit Alzheimer.

Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan berkurangnya daya ingat, seperti yang telah dikutip dari Boldsky. Mulai dari sekarang, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan ini.

1. Keju yang diawetkan

Keju merupakan sumber protein dan kalsium, keju olahan seperti keju Amerika dan mozzarella tinggi akan lemak jenuhnya yang berpotensi meningkatkan risiko kehilangan memori.

2. Daging olahan

Daging olahan, mengandung nitrosamin yang menyebabkan hati untuk memproduksi lebih banyak lemak, yang dapat membahayakan otak. Hal ini juga mengandung trans - fat yang dapat menghambat memori.

3. Tahu

(foto: Boldsky)

Meskipun tahu dianggap sebagai makanan sehat dengan kandungan protein yang tinggi, juga memiliki efek buruk tertentu jika dikonsumsi setiap hari.

Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi lebih banyak jumlah olahan kedelai seperti tahu, berada pada risiko yang lebih besar dari demensia atau kehilangan memori ketika mereka semakin tua.

4. Pemanis buatan

Menambahkan pemanis buatan dalam setiap makanan harian Anda, mengakibatkan efek negatif bagi tubuh. Pemanis buatan dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti sakit kepala, depresi, penurunan berat badan dan mengurangi daya ingat.

5. Makanan berwarna putih

Makanan seperti roti putih, gula dan pasta yang tinggi karbohidrat beresiko menimbulkan penyakit gula darah. Tingkat gulanya yang tinggi adalah salah satu gejala dari alasan menurunnya tingkat daya ingat sesorang.
X