Di Negara Ini Wanita Dilarang Memakai Pengering Rambut

Ilustrasi (foto: lifemartini.com)

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mendesak kaum perempuan untuk berhenti menggunakan pengering rambut dan menawarkan tips styling alternatif karena krisis energi di negara itu kini terus berlanjut.

Menurut The Independent, Maduro telah mengumumkan keputusannya itu kepada staf negara, pada hari Jumat lalu, selama dua bulan sebagai uji coba dari langkah-langkah untuk mengimbangi kekurangan listrik yang melumpuhkan Venezuela.

Ia mendesak warganya agar dapat meningkatkan upaya lain untuk menghemat daya, termasuk dalam penggunaan perabotan rumah tangga. Maduro juga merekomendasikan kaum wanita untuk mengurangi pemakaian pengering rambut untuk acara-acara khusus.

(foto: sputniknews.com)

"Saya selalu merasa bahwa wanita terlihat lebih cantik ketika dirinya merapihkan helai demi helai rambut menggunakan jari-jarinya dan memungkinkan kering secara alami. Ini hanya sebuah ide yang saya miliki," ujar Maduro.

Ia juga meminta rakyat Venezuela untuk membuat perubahan kecil bagi rutinitas mereka, termasuk dalam menyambut musim panas tropis. Mereka disarankan untuk menjemur pakaian mereka dengan cara digantung sampai kering dengan tidak menggunakan pengering otomatis yang banyak memakan energi listrik.

Sayangnya, tidak semua warga Venezuela menanggapi kebijakan ini dengan positif. Banyak di antara mereka yang membantah larangan ini.

"Jika presiden berpikir bahwa tidak semudah itu kita lakukan, tak mudah jika hanya dengan meniup rambut bisa langsung kering, masalahnya adalah jauh lebih buruk dari yang kita duga," protes seorang warga.
X