Bahaya Terlalu Sering Terpapar AC Dan Kipas Angin

Ilustrasi (foto : businesswire.com)

AC dan  kipas angin menjadi alternatif saat berada di dalam ruangan bersuhu tinggi. Belum lagi Indonesia merupakan negara tropis, membuat suhu ruangan membuat tubuh gerah. Disitulah AC dan kipas angin berguna.

Meski AC maupun kipas angin dapat memberi rasa sejuk pada ruangan, namun ternyata banyak dampak negatif buruk bagi tubuh jika terlalu sering terpapar kedua benda tersebut. Berikut bahaya-bahayanyaseperti dilansir businesswire.com.

6. Lumpuh pada wajah

Hempasan udara yang dihasilkan oleh pendingin ruangan dapat membawa virus pembawa penyakit yang penyebab kelumpuhan pada wajah. Hempasan udara yang dihasilkan tersebut akan menyebabkan pembengkakan pada syaraf wajah. Hal tersebut akan membuat pengecap rasa berkurang, serta bicara yang kurang jelas.

5. Kulit kering

Bukan hanya sinar matahari yang membuat kulit menjadi kering, namun juga berada di ruangan berpendingin dapat membuat kulit kering. Hal ini dikarenakan kulit mengandung air, dan akan tetap membutuhkan air yang mengalir pada aliran darah di sekitar kulit.

Pendingin ruangan membuat kulit terdehidrasi yang akhirnya membuat pasokan air pada kulit berkurang.

4. Infeksi saluran pernafasan

Kipas angin memiliki kelemahan dibandingkan AC yakni tak bisa mnyaring udara. Kipas angin hanya dapat menghembuskan udara yang kotor. Udara kotor ini mengandung bakteri dan virus yang akan terhirup oleh manusia.

3. Sesak nafas

Kenyataannya oksigen dalam ruangan tidak akan bertambah saat kita menggunakan kipas angin maupun AC. Malahan oksigen dalam ruangan akan terus berkurang karena kita menghirupnya tersu menerus dan mengeluarkan karbon dioksida.

Semakin berkurangnya oksigen yang kita hirup, maka peredaran darah pun menjadi tak lancar dan dapat menyebabkan sesak nafas.

2. Otot leher kaku

Otot leher akan terasa kaku dan sulit digerakan jika menengok setelah tidur dengan menggunakan AC atau kipas angin. Hal ini dikarenakan udara dingin yang dihasilkan pendingin tersebut membekukan kekuatan otot.

Jika tetap ingin mnggunakan pendingin ruangan, sebaiknya atur suhu agar tidak terlalu dingin. Namun lebih baik lagi jika tidak menggunakan pendingin sama sekali.

1. Kesemutan

Terlalu lama berada di ruang ber-AC ternyata dapat mengakibatkan kesemutan. Jika terus berlanjut, kesemutan ini akan menyebabkan Carpal Tunnel Syndrome yaitu sindrom yang diakibatkan karena syaraf membengkak.

Pembengkakan tersebut terjadi melalu pergelangan. Pada awalnya kesemutan akan dibarengi dengan nyeri pada bagian tertentu seperti jari telunjuk, jari tengah dan ibu jari.
X