Bahaya! Hindari Menyentuh Bagian Tubuh Ini Dengan Tangan

Ilustrasi mengupil

Tanpa kita sadari tangan seringkali menyentuh bagian-bagian tubuh tertentu. Entah karena gatal atau karena tak sengaja. Padahal ada beberapa anggota tubuh yang tak boleh disentuh sembarangan oleh tangan begitu saja.

Hal ini dikarenakan virus atau bakteri yang terdapat pada tangan dapat berpindah pada bagian tubuh tersebut dengan mudahnya. Selain itu, beberapa bagian tubuh memang sangat sensitif, sehingga ketika terkena virus akibatnya bisa berbahaya bagi kesehatan internal ataupun eksternal.

Berikut Wow Menariknya sajikan informasi tentang beberapa bagian tubuh yang dilarang disentuh dengan tangan secara langsung.

5. Lubang telinga

Bukan hanya tangan, benda-benda asing lain sebaiknya tak dimasukkan ke dalam lubang telinga. Hal ini dikarenakan memasukkan apapun ke dalam lubang telinga dapat merusak dan mengiritasi lapisan kulit di dalam lubang telinga.

Bukan hanya itu, kotoran telinga juga dapat masuk lebih dalam ke dalam telinga sehingga menyebabkan penyumbatan.

4. Wajah

Hindari memegang wajah saat tengah beraktivitas atau tengah mencuci wajah. Hal ini dikarenakan bakteri pada tangan akan berpindah langsung pada wajah dan dapat menjadi pemicu jerawat.

Gunakan alat khusus pembersih wajah saat mencuci wajah, atau cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

3. Mata

Hindari mengucek-ngucek mata atau menyentuh mata, kecuali saat memasang lensa kontak. Hal ini dikarenakan bakteri dapat mudah masuk ke dalam mata yang menyebabkan mata terkena iritasi hingga kebutaan.

Saat mata terasa perih atau gatal, sebaiknya gunakan obat tetes mata atau berkonsultasi pada dokter mata jika tak kunjung smebuh.

2. Mulut

Journal of Applied Microbiology mengungkapkan bahwa manusia memegang mulut 24 kali dalam waktu satu jam. Hal tersebut sering kali dilakukan saat tengah bosan.

Memegang mulut dengan tangan perlu dihindari karena dari penelitian jurnal tersebut, 3/4 kuman yang berada pada mulut berasal dari tangan.

1. Lubang hidung

Kebanyakan orang membersihkan hidung dengan cara memasukkan jari tangan ke dalam lubang hidung secara langsung.

Menurut hasil penelitian jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology, 51% orang yang membersihkan hidungnya menggunakan jari tangan berisiko 51% lebih tinggi mengalami infeksi bakteri Staphylococcus Aureus.
X