6 Makanan Penyebab Kanker Yang Sering Kita Konsumsi

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang setara dengan penyakit jantung. Tapi tahukah Anda kanker pada umumnya disebabkan dari makanan?

Sel kanker mulai tumbuh di dalam tubuh akibat makanan yang kita konsumsi tidak sehat. Tak heran jika banyak orang menderita kanker, karena banyak yang tidak tahu makanan-makanan yang sering dikonsumsi ternyata bisa menyebabkan kanker.

6. Potato Chips

Potato chips alias keripik kentang tinggi akan lemak dan kalori yang mempercepat kenaikan berat badan. Lemak jahat inilah yang menyebabkan kolesteol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Keripik kentang juga memiliki perasa buatan, pengawet dan pewarna yang mengandung zat karsinogen sama seperti yang terkandung dalam rokok.

5. Minyak sayur

Minyak sayur atau minyak nabati tidak dapat diekstraksi secara alami layaknya mentega. Minyak sayur mengandung Omega-6 dengan kadar asam yang tinggi. Kandungan inilah yang memicu penyakit jantung dan kanker khususnya kanker kulit.

4. Makanan yang sangat asin, acar dan diasap


Makanan yang mengandung nitrat atau nitrit sebagai pengawet akan menyebabkan kanker karena dalam kondisi tertentu, bahan kimia tersebut akan berubah setelah berada dalam tubuh menjadi komposit N-nitroso.

Makanan yang diasap seperti daging atau kacang akan menyerap tar cukup tinggi. Tar merupakan senyawa yang mengandung karsinogen. Sedangkan acar merupakan makanan tinggi garam yang memicu kanker perut.

3. Makanan yang berasal dari tepung


Dalam proses pemutihan tepung (tepung putih khususnya), pabrik pengolahan tepung menambahkan zat kimia kimia yang disebut gas klorin. Gas klorin merupakan zat yang sangat berbahaya dan tak boleh dihirup secara berlebihan karena mematikan.

Tepung memiliki kandungan glikemik yang sangat tinggi yang juga cepat menaikan gula darah dan insulin. Hal ini yang memicu diabetes dan tumbuhnya tumor hingga kakner.

2. Gula halus


Gula halus merupakan makanan favorit sel kanker sehingga sel kanker akan cepat bertumbuh. Sel kanker dan tumor akan berkembang biak dengan cepat saat tubuh mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti fruktosa.

Kandungan fruktosa yang tinggi ini biasa kita temukan dalam sirup, sereal, kue, soda sampai jus.

1. Pemanis buatan


Sebagian orang memakai pemanis buatan untuk menghindari diabetes atau menurunkan berat badan. Namun faktanya, pemanis buatan justru menambah berat badan secara drastis dan memperparah diabetes.

Bahan kimia yang membentuk pemanis ini, terutama aspartam, memecah dalam tubuh dan menjadi racun. Ketika racun ini diproses tubuh, maka timbulah zat kimia yang memicu kanker otak.
X