5 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Membuat Rambut Rusak

Ilustrasi (foto: bhairdryer.com)

Apapun yang dikonsumsi tubuh tentu akan berdampak baik secara langsung maupun secara tidak langsung pada tubuh. Kebanyakan masyarakat hanya memperhatikan kesehatan tubuh mereka tanpa memperhatikan kesehatan rambutnya.

Padahal, rambut juga merupakan bagian tubuh yang tidak hanya harus dirawat dari luar namun juga dari dalam. Berikut ini makanan dan minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan rambut.

5. Garam

(foto : claritynutrition)
Garam memang menjadi penyedap makanan paling utama. Ditaburkan pada kentang goreng, popcorn atau sebagai penyedap masakan. Namun ada batasan bagi tubuh utnuk mengkonsumsi garam.

Hal ini dikarenakan kandungan sodium dalam garam yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kandungan sodium ini pula tak baik bagi penderita darah tinggi dan diabetes.

4. Minuman bersoda

(foto : cnn)

Siapa yang tak suka menikmati soda di siang hari apalagi saat matahari tengah terik? Memang nikmat, namun dampak negatifnya bukan hanya dirasakan tubuh namun juga rambut.

Kandungan gula yang tinggi, ditambah fruktosa, pemanis buatan dan zat-zat kimia lainnya dapat menjadikan rambut menjadi kering. Belum lagi minuman soda meengandung zat karsinogen yang merupakan pemicu kanker.

3. Gula

(foto : inhabitat)

Gula yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan rambut kering. Hal ini dikarenakan protein dan vitamin E tidak diserap baik oleh rambut. Protein dan vitamin E merupakan zat yang sangat esebsial bagi pertumbuhan rambut.

2. Minuman beralkohol

(foto : dailyburn)

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan berdampak negatif pada rambut. Tingkat penyerapan zink, asam folat, vitamin C dan vitamin B akan menurun. Hal ini menyebabkan kerontokan rambut

1. Tepung yang diputihkan

(foto : myhdiet)
Makanan yang mengandung tepung yang telah diputihkan biasanya menjadi pilihan diet. Mungkin sehat bagi tubuh, namun tidak bagi rambut. Kandungan dalam tepung yang diputihkan setelah dikonsumsi akan dipecah dalam tubuh menjadi gula. Gula inilah yang dapat membuat rambut menipis.
X