5 Kampus Luar Negeri Yang Menerapkan Matkul Bahasa Indonesia

Vietnam National University (foto: hacmus.edu.vn)

Kita semua tahu bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sudah pasti diajarkan di setiap sekolah di seluruh penjuru dunia. Namun pada kenyataannya, banyak bahasa lain yang tak kalah populer dengan bahasa Inggris.

Salah satunya bahasa kita, bahasa Indonesia yang juga sama populer di lidah orang luar negeri. Tidak percaya bahasa Indonesia populer di luar negeri? Nih buktinya beberapa kampus di luar negeri ini menerapkan mata kuliah (matkul) Bahasa Indonesia.

Dari situ kita tahu bahwa bahasa Indonesia cukup disegani orang asing. Oleh karena itu kita sudah seharusnya bangga dengan bahasa kita sendiri. Langsung saja, berikut lima kampus luar negeri yang menerapkan matkul Bahasa Indonesia, seperti dikutip Wow Menariknya dari ngehits.net.

5. Universitas Mohammed V, Maroko

Universitas Mohammed V(foto: the-stenzels.com)

Di Universitas Mohammed V, Maroko, Bahasa Indonesia sudah menjadi matkul pilihan sejak Oktober 2012 lalu. Universitas ini bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk membuka kelas Bahasa Indonesia. Bahkan, pengajarnya saja didatangkan langsung dari UNJ.

4. Tokyo University of Foreign Studies, Jepang 

Tokyo University of Foreign Studies (foto: wikimedia.org)

Di universitas ini ada 26 bahasa asing yang diajarkan, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Selain Tokyo University of Foreign Studies, ada sekitar 20 kampus di Jepang yang juga mengajarkan matkul Bahasa Indonesia, seperti Setsunan University dan Tenri University.

3. Vietnam

Vietnam National University (foto: hacmus.edu.vn)

Vietnam sudah tidak menganggap lagi Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang sangat asing, terutama di Kota Ho Chi Minh. Buktinya banyak universitas di Vietnam yang membuka kelas Bahasa Indonesia, di antaranya Hong Bang University dan Vietnam National University.

2. Korea Selatan

Hankuk University (foto: joins.com)

Jumlah penggemar musik asal Korea Selatan alias K-Pop sudah tak terhitung lagi jumlahnya di Indonesia. Namun ternyata, beberapa universitas di Negeri Ginseng itu juga menerapkan matkul Bahasa Indonesia.

Setidaknya ada 3 universitas di sana yang mewajibkan para mahasiswanya untuk belajar Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah Hankuk University yang memiliki departemen khusus bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia.

1. Australia

Univeristy Southern Queensland (foto: wikimedia.org)

Di Australia, pelajaran Bahasa Indonesia dianggap wajib. Mulai dari sekolah menengah sampai kuliah, Bahasa Indonesia selalu ada. Salah satunya University Southern Queensland yang menerapkan program Bachelor of Arts atau Bahasa Indonesia. Di jurusan ini, mahasiswa pasti akan belajar Bahasa Indonesia dengan baik.
X