4 Hal Sepele Yang Membuat Tubuh Mudah Terserang Penyakit

Ilustrasi (foto : ncpic.org.au)
Saat tubuh terserang penyakit, itu menandakan bahwa sistem kekebalan menurun dan rentan akan virus serta kuman yang menyerang tubuh.

Virus maupun kuman merupakan mikroba tak kasat mata yang tersebar di mana-mana bahkan pada objek yang kita kira bersih. Ternyata beberapa hal sepele yang biasa kita lakukan ini justru membuat virus dan kuman mudah menyerang tubuh.

Alhasil daya tahan tubuh semakin menurun dan memudahkan penyakit untuk masuk ke dalam tubuh kita. Jadi sebaiknya jangan anggap sepele beberapa hal ini.

4. Malas mencuci tangan

(foto : news.discovery)
Kita kerap kali lupa atau malas mencuci tangan setelah beraktivitas. Padahal kuman akan menmpel pada tangan dan masuk ke dalam tubuh dari barang-barang yang kita genggam.

Kuman-kuman ini akan masuk melalu lapisan kulit maupun melalui mulut ketika kita mengkonsumsi makanan dengan tangan kotor. Penyakit yang biasa menyerang lewat tangan kotor adalah diare hingga flu.

3. Menutup mulut ketika bersin menggunakan tangan

(foto : telfast)

Gerakan refleks ini memang sulit dihilangkan. Saat bersin, virus akan keluar bersamaan dengan air ludah, dan jika kita menutup mulut ketika bersin menggunakan tangan, tentu saja virus tersebut akan menempel di tangan.

Virus yang menempel tersebut tanpa kita sadari akan kita sebarkan sambil melakukan aktivitas. Sebaiknya gunakanlah tisu untuk menutup mulut saat bersin.

2. Menggosok mata karena gatal

(foto : globalherbal-solusi)

Debu atau kotoran sering membuat mata terasa gatal, kemudian secara otomatis tangan akan menggosoknya. Cara tersebut tentu salah karena akan membuat mata teriritasi oleh kuman.

Bukan hanya iritasi, kuman yang berpindah dari tangan ke mata juga ternyata dapat membuat mata merah dan lebih parahnya adalah kebutahan. Sebaiknya kompres mata atau gunakan obat tetes mata saat mata terasa gatal.

1. Bermain dengan hewan peliharaan


(foto : neflexis)

Memelihara hewan memang menjadi hobi sebagian orang. Namun kita tidak tahu apakah hewan tersebut benar-benar bersih atau tidak. Hewan tak dapat menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Hal ini menyebabkan banyak kuman yang mudah menyebar ke kulit manusia meskipun hanya dipegang atau dibelai bulunya saja. Untuk itu sangatlah diperluakn menjaga hewan peliharaan dan mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain dengan hewan peliharaan.
X