4 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Semut Masuk Rumah

Kayu manis (foto: jahmu.com)

Hewan bertubuh mungil ini memang kerap mengganggu saat muncul berbondong-bondong dalam jumlah yang banyak. Apalagi jika terdapat makanan yang beraroma manis, semut sudah pasti selalu hadir.

Bukan perkara mudah untuk mencegah semut masuk rumah, terlebih lagi mereka suka muncul tiba-tiba. Tapi sebenarnya ada banyak cara alami untuk membuat rumah bebas dari semut tanpa menggunakan obat-obat yang memiliki efek berbahaya.

Berikut ini ada beberapa bahan  alami untuk mencegah semut datang berkerum ke rumah, seperti yang telah Wow Menariknya lansir dari PureWow.

1. Kayu manis

Kebanyakan kayu manis memang selalu dipakai untuk meenambah cita rasa masakan agar semakin sedap untuk disantap. Namun, kayu manis tak hanya berguna untuk dijadikan bumbu masakan saja lho.

Dengan kayu manis, Anda bisa mencegah semut masuk ke dalam rumah. Caranya tumbuk halus beberapa butir kayu manis, kemudian taburi bubuk kayu manis tersebut ke daerah dimana semut terlihat sering berkerumun.

2. Cabe rawit

Semut sangat enggan untuk mencium aroma cabe yang begitu pedas. Maka, taburi cabe rawit tumbuk kering ataupun basah ke area rumah yang sering dikerumuni semut.

3. Cuka dan campuran air

Campuran kedua bahan ini mampu mencegah semut untuk enggan masuk ke dalam rumah Anda lagi. Caranya campurkan cuka dan air dengan ukuran 50 per 50, kemudian masukan campuran tersebut kedalam botol semprot, lalu semprotkan ke arah dimana semut sedang bergerombol.

4. Jagung bubuk

Taburkan jagung yang sudah ditumbuk halus ke area kerumunan semut, reaksinya semut akan memakan jagung tersebut dan kemudian mati satu perasatu, hal ini cukup efektif untuk mencegah semut masuk ke dalam rumah.
X