3 Teknik Mudah Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong

Ilustrasi (foto: Daily Mail)

Sulit untuk mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak, hanya sebagian orang saja yang mempunyai keahlian khusus yang bisa mengetahui suatu lontaran kebohongan itu.

Namun, sedikitnya orang awam pun harus mampu memahami dan mengetahui bagaimana teknik dasar untuk mendeteksi suatu kebohongan seseorang. Agar kita bisa terhindar dari berbagai macam kebohongan dan tidak mudah tertipu.

Seperti yang telah dilaporkan laman The Daily Mail, David Matsumoto, profesor psikologi dari San Francisco State University ini akan berbagi tiga teknik mudah untuk mengetahuiseseorang sedang berbohong atau tidak.

1. Dasar


Anda perlu mengetahui dasarnya terlebih dahulu. Dasar ini menjadi kunci utama agar dapat mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak. Anda harus memperhatikan gerak-gerik seseorang saat sedang berbicara.

2. Perubahan Verbal


Selanjutnya, perhatikan gerak-gerik tubuhnya, jika mereka memainkan rambut, menurunkan volume suara, mengubah subjek atau nada, mengelak pertanyaan, dan mengangkat tangan pada saat mereka protes, hal itu bisa jadi mereka sedang berbohong.

3. Perubahan Nonverbal


Para ahli mengatakan raut muka adalah kunci utama dalam teknik ketiga ini untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak.

Senyuman yang benar-benar nyata akan terlihat di mata, sedangkan senyum palsu hanya terlihat dari raut bibirnya. Senyuman dengan bibir melengkung itu artinya seolah-olah seseorang sedang berpikir untuk mengatakan hal yang tidak sebenarnya.

Kemudian jika orang tersebut gelisah, terlihat dari raut wajahnya yang tampak panik atau berkeringat, bisa jadi orang itu berbohong
X