Wow, Sepatu Rancangan Nike Ini Bisa Mengikat Tali Sendiri

Nike HyperAdapt 1.0 (foto :Wired)
Baru-baru ini Nike mengumumkan akan segera merilis sepatu yang bisa mengikat tali sendiri. Sepatu yang disebut HyperAdapt 1.0 itu rencananya mulai dijual di pasaran pada akhir tahun nanti.

John Hoke, wakil presiden desain Nike, menjelaskan bahwa sepatu tidak menggunakan sistem pengikatan tradisional, melainkan sepatu ini terdiri dari serangkaian katrol bertenaga baterai yang berfungsi mengikat tali sendiri.

Ketika pemakainya memasukan kaki ke dalam sepatu ini, maka sensor di bagian bawah sepatu akan berbunyi dan mulai melakukan tugasnya.

"Itu berbunyi ketika Anda membebankan berat kaki Anda pada bagian tumit sepatu," kata Hoke, seperti dilansir Wired.

Setelah sensor berhasil membaca posisi kaki penggunanya, serangkaian katrol kecil akan berkontraksi dan membuat tali berkelok-kelok mengikat dengan sendirinya.

Pemakainya bisa mengatur sendiri longgar atau tidaknya tali sepatu dengan menekan sebuah tombol. Dengan otomatis, sepatu canggih ini akan melaksanakan perintah pemakainya.

Pihak Nike mengatakan bahwa sepatu ini dapat beroperasi dengan baterai yang diperkirakan mampu bertahan selama dua minggu. Setelah habis, baterai tersebut harus kembali diisi, layaknya smartphone. Tapi sayangnya, ada biaya untuk mengisi baterai tersebut.

X