Teknik Anti-Nyontek Paling Ekstrim Dari Berbagai Negara


Menyontek adalah perbuatan yang mencerminkan ketidakmampuan seseorang dalam mengerjakan ujian tertulis. Tradisi menyontek saat ujian memang sudah menjadi hal lazim yang dilakukan para pelajar saat ujian.

Berbagai macam cara dikerahkan untuk memperkecil kemungkinan menyontek saat ujian. Misalnya saja di Indoesia yang memberlakukan paket soal, di mana setiap siswa menerima soal yang berbeda-beda dengan siswa lainnya.

Tapi jika dibandingkan dengan negara-negara ini, anti-nyontek ala Indonesia masih kalah. Beberapa negara ini memiliki cara paling ekstrim untuk mencegah para pelajarnya menyontek, mulai dari menggunakan drone sebagai pengawas atau kamera CCTV di setiap sudut ruangan.

Sudah dipastikan, para siswa tidak akan memiliki kesempatan menyontek sedikit pun, bahkan melirik kepada temannya saja tidak akan bisa. Mungkin kamu banyak nilai jeleknya jika sekolah di beberapa negara ini.

6. Agar tidak bisa melirik kiri kanan, para pelajar di Pusat Civil Aviation, Thailand, diwajibkan memakaikan kardus pada kepala saat melakukan tes.


5. Para siswa-siswi di Provinsi Hubei, China, melakukan ujian di luar ruangan dengan jarak bangku yang sangat renggang, sehingga bisa memperkecil kemungkinan kecurangan.


4. Menempatkan kamera pengintai saat tes masuk perguruan tinggi di Cina. Pasti banyak yang tidak lulus.


3. Di Thailand, tepatnya di Universitas Kasetsart, mahasiswa yang akan mengikuti ujian akhir diwajibakn untuk memakai topi anti curang berupa kertas di bagian sisi kanan agar tidak bisa menyontek.


2. Calon pasukan Angkatan Darat India melakukan tes tertulis dengan hanya mengenakan pakaian dalam di luar ruangan untuk menghindari kecurangan.


1. Di Belgia, pengawasan saat ujian dilakukan oleh drone DJI dan kamera GoPro. Jadi tidak ada kesempatan untuk menyontek.



Sumber: Oddee.com
X