Tahu Tidak Kenapa Susu Berwarna Putih?



Setiap orang pasti tahu susu murni itu berwarna putih, kecuali yang sudah dicampurkan dengan berbagai macam rasa. Tapi pernahkah Anda membayangkan kenapa susu itu berwarna putih?

Pertanyaan yang cukup menggelitik tapi bisa membuat Anda geleng-geleng kepala. Warna asli susu memang putih, oleh karena itu ketika dicampurkan dengan strawberry maka warnanya akan berubah jadi pink.

Kandungan susu sebagian besar terdiri dari 87 persen air, dan sisanya adalah protein, lemak dan lain-lain. Dilansir todayifoundout.com, susu mengandung protein yang disebut Casein.

Dalam ilmu fisika, jika sebuah lingkaran diisi dengan berbagai macam warna, maka yang muncul hanyalah warna putih ketika lingkaran tersebut diputar pada kecepatan tertentu.

Nah, protein Casein pada susu ini berfungsi membelokkan seluruh warna yang terkandung di dalam susu secara merata sehingga susu terlihat berwarna putih secara kasat mata. Sama halnya dengan teori fisika tersebut.

Tapi tak jarang ada susu yang terlihat putih kekuningan karena kandungan Cartotene yang cukup besar di dalamnya. Namun itu tergantung dari ras sapi nya.

Bagaimana, sekarang sudah jelas kenapa susu berwarna putih? Itulah alasan kenapa susu yang baik untuk kesehatan kita itu memiliki warna putih.
X