Sebelum Ditemukan, 5 Teknologi Modern Ini Sudah Ada Sejak Dulu


Penulis terkenal dari abad 19, Mark Twain pernah berkata bahwa inovasi baru itu sebenarnya tidak ada, tapi invoasi-inovasi yang sekarang ada merupakan hasil polesan dari inovasi-inovasi lama.

Ungkapan Mark Twain ternyata memang benar jika melihat fakta sebenarnya di balik penemuan-penemuan baru. Banyak teknologi modern yang kita kenal sekarang sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu kala.

Misalnya saja ponsel seluler, sosial media, dan operasi plastik yang dari dulu ternyata sudah ada sebelum pertama kali ditemukan. Perbedaannya terletak pada 'polesan warna cat' yang membuat teknologi-teknologi ini terlihat lebih baru dan canggih.

Dihimpun Wow Menariknya dari Listverse, berikut beberapa teknologi modern yang kita kenal sekarang yang sudah ada sejak zaman dahulu.

5. Ponsel Seluler

(foto: Listverse)

Jauh sebelum iPhone ada, ponsel genggam rupanya sudah ada sejak dulu. Menurut catatan sejarah, ponsel seluler pertama kali ditemukan pada tahun 1946.

Namun, ada fakta mengejutkan lain yang menunjukkan bahwa ponsel seluler pertama ditemukan pada tahun 1922. Perngkat ini sejenis radio kristal satu arah yang digunakan untuk mendengarkan pesan.

Perangkat tersebut memiliki ukuran cukup besar, sehingga membutuhkan payung untuk bertindak sebagai antena. Jadi, pengguna perangkat ini harus membawa radio ke mana pun mereka pergi sambil membawa payung agar tetap terhubung dengan orang yang sama-sama memiliki perangkat ini.

Keuntungannya, perngkat ini tidak memerlukan daya listrik, karena antena yang dipakai sudah menyediakan daya untuk menghidupkan perangkat tersebut.

4. Film 3 Dimensi

(foto: Listverse)

Film 3 Dimensi (3D) memang sudah tak asing lagi di kalangan para pecinta film. Tahun 1950 merupakan tahun keemasan bagi film 3D, dimana di tahun tersebut film 3D ditemukan untuk pertama kalinya.

Sebelum tahun 1950, rupanya film 3D sudah ada sejak tahun 1930. Ketika itu film 3D pertama adalah Audioscopiks yang berhasil menyabet penghargaan Academy Awards untuk kategori Best Short Subject (Novelty). Film tersebut menggunakan skema warna merah cyan.

Kemudian pada tahun 1936, film 3D berjudul "The Power of Love" dirilis secara komersial. Ini merupakan film 3D pertama yang bebas ditonton publik.

3. Mobil Elektrik

(foto: Listverse)

Mobil elektrik atau mobil listrik dianggap sebagai penemuan paling modern di abad 20. Tapi sebenarnya, mobil elektrik itu sudah ada sejak 200 tahun lalu.

Pada tahun 1800-an, para ilmuwan di seluruh dunia menciptakan mobil listrik mentah dalam skala kecil. Seiring berjalannya waktu, mobil listrik pertama berhasil dibuat pada abad pertengahan ke-19 di Prancis dan Inggris.

Kemudian mobil listrik sukses masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1890-an. Mobil listrik tersebut mampu membawa enam penumpang dan bisa menempuh jarak 14 mil per jam. Ketika itu, mobil listrik dianggap lebih unggul dibandingkan dengan mobil bertenaga bahan bakar minyak.

2. Operasi Plastik

(foto: Listverse)

Operasi hidung pertama dipercaya pertama kali dilakukan di Kerajaan Mesir Kuno, sekitar 3000 tahun lalu. Ketika itu, operasi hidung hanya dilakukan pada orang yang sudah mati.

Beberapa lama kemudian, operasi hidung mulai dipraktikan pada orang yang masih hidup. Pada abad keenam sebelum masehi, India kuno melakukan pembedahan untuk memperbaiki hidung dan telinga dengan memotong kulit dari pipi atau dahi dan kemudian menjahitnya.

Teknik operasi ini sangat dirahasikan ketika itu, dan hanya digunakan kepada orang-orang yang mengalami kerusakan pada hidung dan telinganya akibat perang atau hukuman.

Romawi kuno juga memiliki beberapa prosedur operasi plastik, salah satunya memperbaiki bekas luka di bagian punggung akibat hukuman cambuk.

Itu semua membuktikan bahwa orang-orang zaman dahulu juga sudah terobsesi dengan penampilan. Dan sekarang, operasi plastik sudah familiar dikalangan masyarakat, terutama selebriti.

1. Sosial Media

(foto: Listverse)

Orang zaman sekarang pasti sudah tak bisa lepas dari yang namanya sosial media. Tapi tahukah Anda bahwa sosial media sudah ada sejak 40 tahun silam?

Pada tahun 1970-an, Berkeley (sekelompok orang yang tertarik pada komputer), mulai melakukan projek untuk menciptakan sistem papan buletin komunitas. Mereka menggunakan komputer mainframe untuk saling terhubung dengan orang di seluruh masyarakat.

Konsepnya sama dengan sosial media sekarang, tapi proyek Berkeley memiliki kecepatan yang lambat, yang harus menggunakan 110 baud modem di mana itu hanya mampu menghasilkan 10 karakter per detik. Tetapi mereka bisa menggunakannya untuk berbagi informasi seperti sosial media saat ini.

Seorang pengguna akan menandai kata kunci untuk memudahkan orang lain mencari, dan anggota bisa berbagi pesan tentang apa pun.

Namun dengan seiringnya berjalan waktu, konsep ini berubah jadi sosial media yang canggih seperti yang kita gunakan sekarang ini.
X