Mengalami Kegagalan, Orang-Orang Sukses Ini Akan Bangkitkan Lagi Semangatmu

Ada pepatah bilang kalau kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Ungkapan itu sangat cocok untuk memotivasi orang yang sedang mengalami kegagalan dalam hidupnya.

Ya, seseorang tidak akan bisa sukses sebelum merasakan pahitnya kegagalan. Tapi seseorang bisa sukses setelah belajar dari kegagalan dan mulai bangkit kembali berlari mengejar kesuksesannya yang sempat tertunda.

Nyatanya, banyak orang-orang sukses di dunia ini yang dulunya pernah mengalami kegagalan, sebut saja Bill Gates, orang terkaya di dunia saat ini, yang ternyata dulunya pernah mengalami kegagalan sewaktu mendirikan perusahaan sebelum Microsoft didirikan.

Selain Bill Gates masih banyak ornag-orang sukses lainnya yang dulunya pernah mengalami kegagalan. Tapi karena mereka tidak pernah menyerah, kemudian bangkit dan berusaha lagi, hasilnya kegagalan menempa mereka jadi orang sukses.

Jika di antara kalian ada yang sedang mengalami kegagalan, jangan bersedih, yang harus Anda lakukan adalah bangkitkan semangatmu kembali. Dengan kata-katanya, orang-orang ini akan membantu membangkitkan semangtmu kembali.

1. Michael Jordan dikenal sebagai legenda pemain basket. Di balik kelegendaannya itu, ia pernah ribuan kali gagal, dan ratusan kali kalah. Kegagalnnya itu membuatnya menjadi orang sukses karena ia terus berusaha.


2. Bill Gates, sang pendiri Microsoft sekaligus orang yang menyandang gelar sebagai orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun secara berturut-turut, sering mengalami kegagalan. Sewaktu sekolah dulu, ia suka gagal dalam mengerjakan soal tes, tapi temannya selalu berhasil. Tapi lihat sekarang, ia menjadi pemilik dari Microsoft dan temannya itu bekerja untuknya.


3. Jangan mengeluh ketika hidup kita sulit, jangan menyalahkan apa pun ketika kesulitan itu datang, jangan menolak ketika kesulitan itu datang. Tapi itu adalah cobaan yang harus kita jalani.


4. Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, Jack Ma, pernah ditolak bekerja di sebuah restoran cepat saji. Tapi lihat sekarang, dia adalah bos dengan kekayaan mencapai USD 22,5 milair (Rp 296 triliun).


5. Anda harus fokus pada satu tujuan yang ingin Anda capai, jangan biarkan hal lainnya membuyarkan tujuan utama Anda yang menyebabkan Anda mengalami kegagalan lagi.


6. Pendiri Honda Corporation, Soichiro Honda, sering mengalmi kegagalan di balik kesuksesannya. Sebelumnya ia juga pernah magang di sebuah bengkel selama bertahun-tahun.


7. Steve Job, sang pendiri Apple, pernah mengatakan mengikuti suara hati kamu adalah kunci sebuah kesuksesan. 


8. Calon orang sukses tidak pernah takut gagal, dia menganggap kegagalan adalah bahan pokok sebuah kesuksesan. 


X