Keunggulan Sholat Tahajud Bagi Batiniah Dan Lahiriah


Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah bangun dari tidur. Hukumnya adalah sunnah muakad yang berarti dikuatkan oleh syara. Waktu yang paling tepat melakukan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam atau sekitar pukul 2 pagi.

Allah SWT akan memberikan pahala yang sangat besar bagi hambanya yang mau melakukan sholat tahajud. Namun banyak Muslim yang jarang melakukan sholat tahajud dengan alasan ngantuk dan susah bangun. Padahal, Nabi Muhammad SAW beserta sahabatnya tidak pernah meninggalkan sholat tahajud sama sekali.

Perlu diketahui, sholat tahajud memiliki keunggulan yang luar biasa, baik itu bagi batiniah maupun bagi lahiriah. Setelah mengetahuinya, mungkin Anda akan tertarik untuk bangun tengah malam dan melakukan sholat tahajud.

Manfaat bagi batiniah:

1. Kunci masuk surga

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuk surga dengan selamat." (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

2. Penebus dan pencegah perbuatan dosa

Dari Salman Al Farisi, Rasulullah SAW bersabda: "Dirikanlah sholat malam, karena sesungguhnya sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (sholat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu (Allah), (sholat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk (dosa), mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh." (HR. Ahmad).

3. Dikabulkannya doa-doa

Sholat tahajud adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Karena di waktu sepertiga malam menjelang subuh, Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa-doa orang yang menunaikan ibadah sholat tahajud. Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya. Itu berlangsung setiap malam." (HR. Muslim).

4. Mendapat ketenangan batin

Allah SWT akan memberikan ketenangan pada hati setiap muslim yang ikhlas bangun di malam hari dan kemudian melaksanakan sholat tahajud. Saat susah ataupun senang, ketenangan akan selalu ada dalam hati orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud setiap malamnya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: "Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kalian tidur dalam waktu cukup lama. Apabila orang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila dia sholat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan (mendapat) ketenangan jiwa, jika tidak di akan malas dan (mendapat) kekusutan jiwa."

Manfaat bagi lahiriah:

1. Mendapat udara paling segar

Menurut ilmu kesehatan, sepertiga malam adalah waktu yang baik untuk menghirup udara segar karena masih bersih dan belum tercampur dengan udara-udara kotor. Oleh karena itu, berbahagialah bagi orang yang rajin mengerjakan sholat tahajud pada waktu sepertiga malam. Setelah melaksanakan sholat malam ini, Anda harus meluangkan waktu ke luar rumah, menghirup segarnya udara.

Paru-paru Anda akan sehat, aliran darah akan berjalan lancar, dan jantung jadi lebih sehat. Hanya orang yang rajin sholat tahajud yang bisa menikmati segarnya udara yang belum terkontaminasi ini.

2. Menjernihkan pikiran

Menghirup segarnya udara sepertiga malam membuat peredaran darah dari tubuh ke otak jadi lebih lancar, yang bisa membuat pikiran jadi jernih dan tenang. Anda akan merasakan ketenangan yang luar biasa ketika bangun untuk melakukan sholat tahajud.

Selain itu, Anda juga akan terhindar dari stres yang bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan gangguan kesehatan lainnya.

3. Memiliki muka yang cerah

Pernah suatu ketika Hasan Al-Basri ra ditanya oleh seseorang, "Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang cerah?". Hasan Basri menjawab: "Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya (Allah) pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian cahaya-Nya." (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Nah, itulah beberapa manfaat sholat tahajud bagi batiniah dan lahiriah. Rupanya, sholat tahajud memiliki keunggulan yang sangat besar yang bisa memudahkan seseorang Muslim mendapat ridho Allah SWT.

Masih malas sholat tahajud sekarang?
X