Ketahui Manfaat Minum Susu Berdasarkan Waktu Meminumnya

Ilustrasi minum susu (foto : zeenews.india.com)
Susu dianggap sangat penting bagi manusia dan menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang melakukan diet. Susu mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin B12, tiamin, asam nikotinat, mineral, kalsium, kalium, fosfor hingga natrium.

Dibalik manfaat dan nutrisinya yang melimpah, masih banyak argumen yang bertentangan tentang kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi susu. Melansir curejoy.com, manfaat susu berbeda-beda jika diminum pada waktu tertentu.

Ada beberapa efek yang didapat tubuh saat mengkonsumsi susu berdasar pada waktunya. Mengkonsumsi susu di pagi hari sebenarnya tidak disarankan karena terlalu berat untuk dicerna, namun cukup memberikan asupan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sedangkan jika mengkonsumsi pada sore hari ternyata dapat menambah kekuatan pada orang tua (lansia) dan membantu meringankan masalah pada ginjal.

Minum susu di malam hari sangat disarankan karena saat minum susu sebelum tidur, susu akan mengurangi rasa lelah pada tidur dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, minum susu sebelum tidur juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Susu mengandung asam triptofan yang dapat meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh. Kandungan kalsium dalam susu juga akan terserap dengan baik karena di malam hari tubuh tak banyak berkativitas.

Bagi yang ingin meningkatkan masa otot, minum susu di malam hari juga sangat disarankan karena protein dalam susu akan terserap dengan baik oleh tubuh.
X