Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Telinga

Ilustrasi (foto : health.com)
Telinga memiliki gendang telinga dan tulang-tulang kecil yang biasa disebut ossicles. Tulang-tulang ini sangat mudah rapuh dan rawan terkena kerusakan. Untuk memperbaikinya pun butuh pembedahan khusus.

Kerusakan pada ossicles bisa terjadi karena salah dalam membersihkan atau merawat telinga. Kerusakan ini dapat mengakibatkan kebocoran cairan telinga dalam yang berpotensi hilangnya pendengaran permanen dan vertigo parah.

Untuk mencegah kerusakan pada telinga, sebaiknya Anda mulai memperhatikan beberapa kesalahan saat membersihkan telinga yang tak sadar sering Anda lakukan ini. Berikut ulasannya seperti dikutip Health oleh Wow Menariknya.

1. Membersihkan secara teratur

Meski harus dibersihkan secara berkala, telinga ternyata tak selalu harus dibersihkan. Telinga dapat membersihkan dirinya sendiri. Telinga merupakan satu-satunya bagian tubuh membawa kulit mati dan lapisan lilin keluar melalui bagian telinga luar.

Proses ini juga dibantu saat rahang bergerak misalnya saat mengunyah makanan. Cara terbaik untuk membersihkan telinga adalah dengan membersihkan kotoran yang mencapai liang telinga luar. Bukan menggalinya.

2. Menggunakan cotton buds

Beberapa ahli megatakan bahwa cotton buds sebenarnya tidak diperuntukan untuk telinga karena kaku dan beberapa memiliki bentuk runcing dapat merusak gendang telinga dan ossicles.

Cotton buds juga dapat membuat kotoran telinga menjadi masuk lebih dalam, bukan malah mengeluarkannya.

3. Memasukan benda tajam

Saat telinga terasa gatal, kebanyakan orang akan memasukan benda asing pada telinga seperti kuku jari yang panjang, penjepit rambut hingga kunci. Hal ini tentu berbahaya dapat memotong kulit serta merusak bagian telinga dalam dan luar.
X