Kenapa Kita Tak Merasakan Sakit Saat Memotong Kuku?


Banyak orang yang merasa risih jika kuku di jarinya telah tumbuh panjang, namun ada juga sebagian orang yang sengaja memanjangkan kuku untuk menunjang penampilanya.

Jarang kita sadari, bahwa dari semua bagian tubuh manusia hanya kuku dan rambut yang tidak sakit pada saat dipotong. Bayangkan saja, jika terdapat rasa sakit dikuku, maka tidak akan ada yang mau untuk memotongnya.

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa kita tidak merasakan sakit saat kuku dipotong? Pertanyaan yang simpel tapi cukup untuk membuat Anda geleng-geleng kepala.

Penyebab kuku terus tumbuh adalah karena pangkal kuku yang ditutupi oleh kulit masih merupakan sel-sel hidup yang terus menerus melakukan pembelahan dan mendorong kuku keluar sehingga kuku terus bertambah panjang.


Sel-sel mati pada kuku mengandung semacam polisakarida yang disebut dengan kitin. Kuku tumbuh sekitar 5 mili meter setiap bulan. Pertumbuhan kuku lebih cepat pada jari tangan dibanding kuku pada jari kaki.

Di dalam kuku tidak mengandung saraf yang dialiri oleh pembuluh darah. Sehingga, kuku tidak akan terasa sakit saat dipotong, sebab tidak ada saraf yang terluka dan tidak menimbulkan darah karena tidak dialiri oleh pembuluh darah.


Nah, itulah alasan kenapa kita tidak merasakan sakit saat kuku dipotong. Tak terbayang bukan apa jadinya jika Tuhan mengalirkan pembuluh darah pada kuku?

Pasti dalam hati Anda bilang kayak gini, "Iya juga ya."
X