Kenapa Jendela Pesawat Memiliki Lubang Kecil Pada Bagian Bawah?

Lubang kecil pada jendela pesawat (foto: stlucianatimes.com)

Selama penerbangan tidak boleh ada pintu atau jendela terbuka karena tekanan udara di atas sangat tinggi yang bisa membuat pesawat hancur dan jatuh. Tapi tahukah Anda bahwa ada lubang kecil pada bagian bawah jendela pesawat?

Meskipun sering naik pesawat, kebanyakan penumpang tidak tahu ada lubang kecil di bawah bawah jendela pesawat. Tapi jangan khawatir, meskipun udara masuk lewat lubang kecil tersebut, pesawat tidak akan terhempas.

Lalu apa fungsinya lubang kecil tersebut? Robbie Gonzalez, salah satu penulis di io9, mencoba melacak cara pemeliharaan pesawat Boeing 737 lewat WikiLeaks untuk mengungkap fungsi lubang kecil pada jendela pesawat.

Dia kemudian menghubungi Marlowe Moncur, direktur teknologi GKN Aerospace yang mengembangkan desain jendela penumpang pada pesawat. Robbie pun akhirnya mendapatkan jawaban.

Lubang kecil tersebut berfungsi menjaga tekanan udara pada kabin karena jendela di bagian kabin terdiri dari panel bagian dalam, tengah, dan luar yang terbuat dari resin sintetis.

Seperti dilansir stlucianatimes.com, lubang kecil itu secara rinci memberikan udara keselamatan kepada para penumpang agar bisa bernafas selama penerbangan.

Jadi, panel bagian luar menanggung sebagian besar tekanan udara dan mengembalikan udara ke luar, sementara sisanya akan masuk ke dalam sehingga penumpang masih bisa menghirup udara.

Selain berfungsi sebagai penyuplai udara, lubang kecil ini juga mencegah jendela pesawat terkena kabut, sehingga jendela tetap bening.
X