Kenapa Ayam Jantan Tidak Pernah Kesiangan Berkokok Setiap Pagi?

Ayam jantan berkokok (foto: discovery.com)

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa ayam jantan tidak pernah kesiangan berkokok saat menjelang subuh atau sebelum matahari terbit? Mungkin Anda harus banyak belajar dari ayam jantan agar bisa bangun di pagi hari.

Menurut sebuah hasil penelitian seperti dilansir earthsky.org, ayam jantan memiliki jam alarm alamiah yang membuatnya bangun mendahului terbitnya matahari.

Sama halnya dengan burung, ayam jantan memiliki siklus harian yang disebut ritme sirkadian, ritme biologis pada hewan yang mengikuti siklus siang dan malam.

Ketika seekor ayam jantan berkokok lebih awal dibanding dengan ayam jantan lainnya, maka suaranya itu mampu merangsang ayam jantan lainnya untuk ikut berkokok juga.

Oleh karena itu, jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan membuatnya tidak pernah bangun kesiangan untuk berkokok menjelang subuh sampai terbitnya matahari.

Nah, bagi yang suka bangun kesiangan, sebaiknya banyak belajar deh dari ayam jantan! Siapa tahu kalian nanti punya jam alarm alamiah yang membuat kalian otomatis bangun di pagir hari.
X