Jangan Simpan Kentang Di Lemari Es, Ini Bahayanya!

Kentang (foto: cityhomefoodstufftrading.com)

Sayuran atau buah-buahan biasanya kita simpan dalam lemari pendingin agar tetap segar untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun ternyata, tidak semua sayuran atau buah-buahan yang sudah kita simpan di lemari pendingin itu aman untuk dikonsumsi.

Seperti yang telah dilaporkan metro.co.uk bahwa salah satu sayuran yaitu kentang, ternyata berbahaya jika disimpan dalam lemari es. Kenapa?

Menyimpan kentang pada lemari pendingin akan berdampak negatif, suhu yang dingin membuat kentang berubah menjadi lebih banyak mengandung gula. Setelah menjadi gula menimbulkan reaksi kimia yang berpotensi membahayakan tubuh.

The Food Standards Agency juga menjelaskan bahwa ketika dipanggang atau digoreng, gula ini bergabung dengan asam amino yang menimbulkan asparagin dalam kentang dan menghasilkan akrilamida kimia.

Menurut sebuah penelitian, akrilamida merupakan karsinogen genotoksik yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyimpan ketang dalam kantong kertas dan diletakan di tempat yang sejuk atau gelap. Hal ini juga sama bisa membuat kentang tetap awet.
X