Ini Dia Bahaya Pengharum Ruangan Bagi Kesehatan

Ilustrasi (foto: lifehack.org) 
Sebuah ruangan akan terasa nyaman jika rapih, indah dan harum. Ruangan yang nyaman akan menambah kualitas bekerja atau sekedar bersantai.

Pengharum ruangan menjadi perlengkapan wajib untuk membuat ruangan menjadi lebih nyaman atau untuk mengurangi bau tak sedap. Namun, tahukah anda jika pengharum ruangan ternyata memilki dampak buruk bagi kesehatan?

Banyak jenis dan merk pengharum ruangan yang dijual di pasaran. Berbentuk seperti gel/kapur barus, konsentrat hingga spray. Jenis pengharum ruangan yang cukup laris di pasaran adalah jenis cair atau spray.

Pengharum ruangan memilki kandungan yang berbeda tiap jenisnya. Misalnya pengharum ruangan spray mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam pengharum ruangan seperti ambrette, geranyl niytile dan 7-methyomarin biasanya terkandung dalam pengharum spray. Sedangkan bentuk gel berbahan dasar formaldehyde dan methycholoroisothiozilinone yang sama bahayanya.

Kandungan zat kimia berbahaya pada pengharum spray dapat menurunkan kadar hormon testosteron pada pria, gangguan kehamilan, gangguan sistem reproduksi hingga memicu pertumbuhan sel kanker.

Pengharum ruangan berbentuk spray juga dapat memicu penyakit asma. Untuk itu penggunaannya harus di dalam ruangan berventilasi.

Untuk mencegahnya, gunakanlah pengahrum ruangan berbahan dasar air. Bahan alami juga dapat digunakan untuk mengharumkan ruangan seperti kayu cemara atau kayu cendana.
X