Ini Asal Mula Adanya Saku Kecil Di Celana Jeans

Saku kecil dalam saku celana jeans (Foto: citifmonline.com)

Kalian semua pasti memiliki celana jeans. Tanpa disadari semua celana jeans yang kita miliki, selalu memiliki sebuah kantong kecil tepat di salah satu saku yang terdapat di depan celana jeans. Jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560-an. Pada awalnya Jeans biasa dipakai oleh angkatan laut.

Orang Perancis sering menyebut jeans dengan sebutan "bleu de GĂ©nes“, yang berarti biru Genoa, meski pertama di produksi di Eropa namun jeans lebih populer sebagai fasion di AS dan di populerkan oleh Levi Strauss. Strauss merupakan seorang pedagang emas pada saat AS dilanda demam emas.

Akan tetapi, sampai di California semua barangnya habis terjual, dan hanya tersisa sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Ia menjadikan sebuah kain kanvas tersebut menjadi beberapa buah celana dan kemudian menjualnya kepada para pekerja tambang emas.

Tak disangka-sangka, ternyata para penambang menyukai celana yang dibuat oleh Strauss. Ia pun menyempurnakan celana jeansnya dengan membeli bahan dari Genoa yang disebut "genes" kemudian Strauss mengubahnya menjadi blue jeans.

Para penambang emas itu menyebut celana Strauss dengan sebutan “those pants of Levi`s” atau “Celana Si Levi”. Sebutan inilah yang mengawali merek dagang pertama celana jeans pertama di dunia.

Naluri bisnis Strauss yang sangat luar biasa membuatnya mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 kerja sama itu melahirkan pabrik celana jeans pertama. Dan produk desain mereka yang pertama adalah “Levi’s 501“.

Produk desain pertama Strauss memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.

Karena celana ini digunakan oleh para penambang emas maka saku kecil yang terdapat di sebuh saku depan bagian kanan adalah dirancang untuk menyimpan butiran emas.

Meskipun sekarang jeans sudah digunakan semua kalangan saku kecil tersebut masih tetap ada namun fungsinya bukan lagi untuk menyimpan butiran emas.
X