Indonesia Dan Negara Kepulauan Lainnya Yang Terancam Tenggelam

Ilustrasi Ibukota Jakarta tenggelam (foto: toroblind87.deviantart.com)

Permukaan air laut mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal itu disebabkan oleh pemanasan global dan perubahan iklim yang meyebabkan es di kutub terus mencair, yang berakibat menambah volume air laut.

Sekitar 1-3 mm air laut mengalami kenaikan setiap tahunya. Sejak tahun 2014 lalu, tercatat permukaan air laut telah naik lebih dari 1.200 km. Tak terbayang berapa tingginya permukaan air laut untuk beberapa dekade ke depan.

Sudah dipastikan beberapa pulau kecil di dunia akan tenggelam jika permukan air laut terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Termasuk beberapa negara kepulauan ini yang juga terancam tenggelam sebagai akibat dari naiknya permukaan air laut. Indonesia merupakan salah satunya!

5. Indonesia

(foto: blog.act.id)

Menurut Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan, sejak tahun 2005 Indonesia sudah kehilangan 24 dari 17.504 pulau-pulau nya. Untuk beberapa dekade ke depan, Indonesia diprediksi kehilangan lebih banyak pulau.

Jika seandainya permukaan air laut terus mengalami kenaikan, sejumlah pulau seperti pulau kecil di perairan Maluku, Pulau Batu Beranting di daerah Batam, dan Pulau Samalona di pantai Sulawesi Barat, diprediksi akan tenggelam.

Bahkan, tak menutup kemungkinan ibukota Jakarta juga akan tenggelam mengingat posisinya tidak terlalu tinggi dari permukaan laut.

4. Maladewa

(foto: votemenot.com)

Maladewa menyimpan panorama alam yang sangat luar biasa indah. Namun sayang, keindahan di negara ini terancam hilang jika permukaan air laut terus naik.

Bagaimana tidak, Maladewa hanya memiliki permukaan tanah setinggi 1,5 meter di atas permukaan laut. Hal itulah yang membuat negara ini terancam tenggelam dalam waktu tidak lama lagi. Sampai sekarang, tercatat sekitar 1.990 pulau kecil dan pulau karang sudah telan lautan.

3. Kiribati

(foto: inhabitat.com)

Terletak di Oceania, Samudera Pasifik, negara ini merupakan negara yang paling sedikit menyumbangkan polusi karbon yang menyebabkan pemanasan global, tapi negara ini akan menerima dampaknya yang paling parah.

Sekitar 33 pulau kecil sudah mulai tenggelam, memaksa lebih dari 100 ribu penduduknya untuk mengungsi ke wilayah lain.

2. Tuvalu

(foto: worldatlas.com)

Sama halnya dengan negara tetangganya, Kiribati, Tuvalu juga terancam tersapu lautan. Hal itu dikarenakan wilayah terteinggi di negara ini hanya mencapai 4,5 meter di atas permukaan air laut. Bahkan, pulau-pulau besar di negara ini sudah mulai tenggelam setengahnya dan pulau-pulau kecil sudah tenggelam total.

1. Ghoramara

(foto: matadornetwork.com)

Negara yang terletak di Selatan India ini sudah kehilangan dua pertiga pulaunya, sejak tahun 2006. Hal itu dikarenakan permukaan air laut yang terus naik ditambah mencairnya es di pegunungan Himalaya. Sampai sekarang, sudah lebih dari 7.000 penduduk negara ini diungsikan.
X