Benarkah Orang Ngorok Sedang Meregang Nyawa?


Pernahkah Anda merasa tergenggu karena mendengar suara berisik dari orang yang tidurnya ngorok atau mendengkur? Sebaiknya Anda jangan mentertawakan orang yang tidurnya ngorok atau menjahilinya karena mereka sedang meregang nyawa.

Dr. Andreas Prasadja, praktisi kesehatan tidur dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran, menjelaskan kalau orang yang ngorok sebenarnya sedang meregang nyawa karena ada penyempitan saluran pernapasan, demikin mengutip dari Kompas.

Penyempitan saluran pernapasan ketika tidur disebut obstructive sleep anea (OSA). Penyempitan inilah yang menyebabkan getaran-getaran pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan suara ngorok.

Ketika seseorang ngorok, menyebabkan orang tersebut tidak memiliki keefektifan dalam melakukan pertukaran oksigen dengan karbondioksida sewaktu tidur.

Bahayanya lagi, otot-otot lidah semakin melemah, menyebabkan lidah terjatuh dan menyumbat saluran pernapasan secara total.

Dr. Andreas menjelaskan kondisi ini membuat udara tidak bisa lewat sehingga asupan oksigen drop dan si penderita seperti tercekik dalam tidurnya.

Meskipun demikian, sangat jarang ada kasus orang yang meninggal karena tidurnya ngorok. Tapi menurut beberapa penelitian, sleep anea telah dihubungkan dengan sejumlah penyakit kardiovaskular, seperti jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes.
X