Begini Cara Aman Memotret Gerhana Matahari Total

Ilustrasi membidik gerhana matahari (foto: marcusmcadam.com)

Tinggal dua hari kurang lagi, Gerhana Matahari Total (GMT) akan melintasi beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, berbanggalah jadi warga Indonesia karena GMT hanya akan melintasi Indonesia.

Lalu, apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk mengabadikan momen langka ini dalam sebuah foto? Pastinya banyak orang yang sudah menyiapkan kamera untuk mengabadikan gerhana matahari ini. Yang tidak punya kamera jangan berkecil hati, karena masih ada kamera smartphone.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mulai memotret Gerhana Matahari Total pada hari Rabu (9/3/2016) mendatang. Pasalnya gerhana matahari bisa menyebabkan mata jadi rusak jika dilihat dengan mata telanjang.

Seperti dilansir Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut beberapa cara aman memotret gerhana matahari.

1. Gunakan pelindung kamera

Gerhana matahari bisa menyebabkan sensor kamera dan mata orang yang memotretnya jadi rusak. Hal itu diungkapkan oleh Dhani Herdiwijaya, dosen jurusan astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), sebagaimana dikutip Pjokosatu.id.

Menurutnya, kamera tertentu seperti DSLR, mirrorless dan pocket (kamera saku), harus memakai filter khusus jika ingin memotret secara langsung ke arah matahari.

2. Atur pengambilan gambar

Ingat, GMT hanya berlangsung dalam hitungan menit saja. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda kelewatan untuk memotret gerhana dan siapkan kapan waktu terbaik untuk mengambil foto.

Disarankan Anda mengatur kamera agar otomatis mengambil gambar gerhana dari fase awal sampai fase akhir. Agar lebih stabil, gunakan tripod.

3. Jangan membidik gerhana melalui view-finder

Dilansir Britagar.id, membidik gerhana melalui view-finder, sama saja melihat dengan mata telanjang sehingga retina mata bisa rusak. Aturlah fokus kamera Anda dan arah bidik yang diinginkan sebelum gerhana matahari terjadi.

4. Tetap gunakan kacamata UV

Pastikan Anda tetap memakai kacamata anti sinar UV ketika hendak memotret, agar efek cahaya matahari tidak merusak retina mata Anda.

Semoga sukses yah memotret Gerhana Matahari Total nya!
X