Aneh, Wanita Ini Tak Bisa Berhenti Mencuri Setelah Dioperasi Plastik

Ilustrasi wanita mencuri (foto: howafrica.com)

Seorang wanita asal Brazil menderita kelainan aneh yang disebut kleptomania setelah melakukan operasi plastik pendataran perut dan pembesar dada. Kleptomania sendiri merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya tak bisa menahan diri untuk mencuri.

Menurut laporan yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Case Reports, seperti dilansir laman Live Science (12/2), wanita berusia 40 tahun itu mulai memiliki dorongan yang kuat untuk mencuri, beberapa hari setelah melakukan operasi kosmetik.

Diduga, wanita tersebut menderita kurangnya aliran darah ke otak di beberapa titik selama menjalankan operasi plastik, demikian menurut seorang ahli saraf, Dr Fabio Nascimento.

Terbatasnya aliran darah bisa mencabut nutrisi dan oksigen pada otak perempuan, sehingga fungsi otak terganggu dan menyebabkan kerusakan otak. Kerusakan ini mungkin mengganggu sirkuit tertentu pada otak dan menyebabkan gejala-gejala neurologis setelah operasi.

Kasus ini mulai terungkap ketika wanita itu mulai menunjukkan gejala-gejala kleptomania, seperti mengalami dorongan yang kuat akan mencuri dan merasa lega setelah melakukannya.

Suatu hari ketika sedang belanja membeli hadiah untuk teman putrinya, dia merasa tak bisa menahan keinginannya untuk mencuri barang-barang tertentu meskipun memiliki uang. Wanita itu kemudian mulai mengambil beberapa barang dan memasukannya ke dalam tas, lalu pergi meninggalkan toko.

Namun, penjaga keamanan toko melihat aksi pencurian itu dan wnaita tersebut berhasil ditangkap. Dia kemudan dibawa ke kantor polisi, tapi dibebaskan kembali setelah diketahui ia mengalami gangguan kejiawaan sementara.

Kleptomania tidak mendiagnosis penderitanya dalam waktu yang lama. Biasanya, kleptomania hanya berlangsung selama beberapa minggu, seperti yang dialami wanita itu.
X