Agar Menang, Anggota Parlemen 'Suap' Rakyat Dengan 60 Ton Ayam Goreng


Ada-ada aja yang dilakukan calon anggota parlemen Rumania ini. Bila pada umumnya para calon akan menyuap menggunakan uang agar bisa duduk di kursi panas, maka berbeda dengannya yang lebih memilih menyuap dengan menggunakan ayam goreng.

Seorang anggota parlemen Rumania bernama Florin Popescu itu terpaksa harus mendekam di balik jeruji besi selama dua tahun akibat ulahnya yang melakukan penyogokan terhadap para pemilihnya dengan ayam goreng.

Melansir laman The Telegraph (18/3), tim sukses Florin mendistribusikan 60 ton ayam goreng kepada para pemillih pada kampanye tahun 2012 silam. Ketika itu Florin berhasil menduduki salah satu kursi anggota parlemen.

Florin Popescu (foto: The Telegraph)

Beberapa orang melaporkan kejadian suap ayam tersebut ke kejaksaan, namun kasus ini tidak ditindak lanjuti dan di bebaskan begitu saja. Hingga pada akhirnya badan anti korupsi negara tersebut mengajukan banding setelah mereka melihat ada tindakan suap senilai 85 ribu poundsterling atau sekitar dengan Rp 1,5 miliar.

"Pada 5 April 2012, beberapa orang dikirim tim sukses (Florin) untuk mengurus distribusi ayam goreng ke dalam mobil dan menempatkannya di berbagai lokasi pemilihan," ujar penyidik Anti Korupsi.

Florin lebih memilih mengundurkan diri dari jabatannya pada awal bulan ini. Demi melindungi kehormatan dan reputasi parlemen, dia mengatakan bila politik bak setangkai mawar.

"Dia manis, namun terkadang memiliki rasa yang pahit, seperti manusia, ada baik dan buruk," ujarnya.

Akibat kasus ini, Badan Anti Korupsi Rumania sedang gencar memberantas para koruptor. Mereka berhasil memenjarakan beberapa pemangku kekuasaan dan politisi, termasuk mantan perdana menteri dan mantan menteri ekonomi.
X