6 Fakta Sebenarnya Tentang Titanic Yang Tidak Kamu Ketahui

(foto: The Richest)

RMS Titanic merupakan kapal pesiar super besar yang tenggelam di Samudera Atlantik pada 1912 setelah menabrak gunung es pada pelayaran perdananya. Kecelakaan ini menewaskan 1.514 penumpangnya.

Setalah film yang mengisahkan tentang Titanic yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet dirilis pada tahun 1997, hampir semua orang tahu sedikit informasi tentang kapal RMS Titanic. Tapi masih banyak tentang Titanic yang tidak diungkap baik dalam buku atau film.

Misalnya saja Titanic punya saudara yang sama-sama mengalami kecelakaan, banyak orang yang tewas ketika membuat kapal ini, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya simak beberapa fakta sebenarnya tentang Titanic yang mungkin belum kamu ketahui, seperti dilansir dari The Richest.

6. Titanic jauh lebih kecil dibandingkan dengan kapal modern

(foto: The Richest)

Banyak orang percaya kalau Titanic adalah kapal terbesar yang pernah ada, bahkan sampai sekarang. Tapi sebenarnya, beberapa kapal modern yang ada sekarang jauh lebih besar dari Titanic.

Misalnya saja kapal The Allure of the Seas yang dibangun pada tahun 2008 ini yang memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar dari kapal Titanic. Dibuat oleh Royal Caribbean International, kapal ini mampu menampung 6.300 orang, sementara Titanic hanya mampu membawa 2.435 penumpang pada saat peluncuran perdana.

Hampir semua fitur yang terdapat di Allure dua kali lipat lebih besar dengan yang ada di Titanic, termasuk panjang, berat, dan bahkan jumlah awaknya.

5. Banyak orang meninggal ketika membuat Titanic

(foto: The Richets)

Butuh waktu dua tahun untuk merampungkan Titanic, atau 26 bulan tepatnya. Selama itu pula, delapan pekerja kontruksi tewas dan 246 pekerja mengalami luka-luka.

Samuel Scott, remaja berusia 15 tahun ini adalah orang pertama yang tewas ketika membuat kapal super besar ini. Dia meninggal karena patah tulang tengkorak, tapi alasannya tidak diketahui secara pasti.

4. Titanic punya saudara yang sama-sama mengalami kecelakaan

HMHS Brittanic (foto: The Titanic)

RMS Titanic merupakan bagian dari trio kapal, yakni RMS Olympic dan HMHS Brittanic. Olympic merupakan kapal yang pertama kali dibuat di antara kedua kapal lainnya. Kapal ini mulai berlayar pada 14 Juni 1911. Namun pada bulan September tahun yang sama, kapal ini mengalami kecelakaan setelah bertabrakan dengan sebuah kapal pesiar dan harus diperbaiki.

Setelah tenggelamnya kapal Titanic, kapal paling muda HMHS Brittanic diberi fitur pengaman yang lebih ketat lagi. Namun sayang, kapal ini mengalami kecelakaan pada 21 November 1916 karena ranjau dan kemudian tenggelam.

3. Kecelakaan Titanic sudah diprediksi dalam buku ini

(foto: The Richest)

Morgan Robertson menulis sebuah buku berjudul "The Wreck of the Titan" pada tahun 1898, 14 tahun sebelum kapal Titanic tenggelam.

Anehnya, buku ini memiliki cerita yang sama dengan kecelakaan yang dialami Titanic. Dalam buku ini diceritakan kapal yang disebut Titan menabrak sebuah gunung es pada bulan April, sama seperti RMS Titanic yang tenggelam karena menabrak gunung es pada 15 April 1912.

Tak hanya itu, buku ini juga menceritakan sekoci yang kurang ketika kapal Titan tenggelam. Apakah ini hanya kebetulan saja?

2. Bukan karena gunung es, tapi karena bulan

(foto: The Richest)

Semua orang tahu kapal RMS Titanic tenggelam karena menabrak gunung es. Tapi ada teori lain yang menyebut kalau bulan adalah penyebab kapal Titanic tenggelam.

Pada malam saat Titanic tenggelam, posisi bulan sangat dekat dengan Bumi ketika itu. Menurut para ilmuwan, pasang naik air laut ketika itu sangat tinggi, sehingga muncul dugaan bahwa Titanic tenggelam karena hantaman ombak yang besar sehingga menabrak gunung es.

1. Fakta gunung es yang ditabrak Titanic

(foto: The Richest)

Pada malam kecelakaan naas itu, kapten mengabaikan pesan bahwa ada gunung es. Mungkin sang kapten merasa seperti itu karena air laut sangat tenang sehingga sulit untuk mendeteksi gunung es.

Gunung es yang ditabrak Titanic sebenarnya tidak terlalu besar pada bagian permukaannya, tetapi sebagian besarnya berada di bawah air. Hal itulah yang menyebabkan air laut sangat tenang seolah tidak ada gunung es.
X